Ilmu

Konsepsi atau Pemikiran Abstrak dalam Diri Manusia Mengenai Apa yang Dianggap Buruk dan Apa yang Dianggap Baik adalah Pengertian Dari…

×

Konsepsi atau Pemikiran Abstrak dalam Diri Manusia Mengenai Apa yang Dianggap Buruk dan Apa yang Dianggap Baik adalah Pengertian Dari…

Sebarkan artikel ini

Pandangan abstrak tentang baik dan buruk dalam diri manusia berakar pada konsep yang juga merupakan bagian utama dari setiap sejarah budaya dan peradaban kita: Etika. Etika merupakan studi tentang apa yang dianggap manusia sebagai perilaku yang benar dan salah, baik dan buruk, serta bagaimana manusia melahirkan dan memahami konsep-konsep tersebut. Konsep etika ini mencakup norma, nilai, prinsip, sistem moral, dan kode konduktif. Etika inilah yang membentuk persepsi kita tentang apa yang buruk dan apa yang baik.

Etika adalah suatu sistem nilai yang mempengaruhi perilaku kita, dan juga menjadi alat pengukur tindakan yang baik atau buruk. Setiap individu memiliki pandangan etika yang berbeda berdasarkan latar belakang, pendidikan, lingkungan, budaya, dan pengalaman hidupnya. Oleh karena itu, pemahaman baik dan buruk, benar dan salah, dapat berbeda antara satu individu dengan individu lainnya.

Pada dasarnya, upaya memahami konsep baik dan buruk memang sangat subjektif dan dipengaruhi oleh banyak variabel. Misalnya, budaya dan tradisi bisa sangat mempengaruhi persepsi ini. Tindakan yang mungkin dianggap salah atau tidak bermoral dalam satu budaya, mungkin dianggap baik dan diterima pada budaya lainnya.

Sebagai contoh, kamu bisa menganggap memberikan hadiah kepada seseorang yang baru dikenal sebagai tindakan yang baik dan ramah. Namun, dalam beberapa budaya, hal ini bisa saja dianggap tidak sopan atau merendahkan orang lain.

Perlu juga dipahami bahwa pemahaman tentang baik dan buruk juga bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Apa yang dianggap buruk pada satu era mungkin bisa berubah menjadi hal yang baik pada era selanjutnya. Sebagai contoh, dalam sejarah, wanita yang bekerja di luar rumah dianggap tidak baik atau tidak bermoral. Namun, pada zaman modern ini, wanita yang bekerja menjadi sesuatu yang sangat umum dan diterima oleh masyarakat.

Selain itu, belajar memahami konsep baik dan buruk juga penting untuk membantu kita dalam membuat keputusan dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena etika memberikan kerangka pemikiran dan pedoman untuk kita melakukan sesuatu yang dianggap baik dan menghindari hal yang dianggap buruk.

Jadi, jawabannya apa? Konsepsi atau pemikiran abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap buruk dan apa yang dianggap baik adalah pengertian dari Etika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *