Diskusi

Salah Satu Jenis Pesan Berdasarkan Sifatnya adalah Isi yang Mengajak Komunikan untuk Melakukan Perubahan yang Lebih Baik Atas Kehendaknya Sendiri. Akibat Penyampaian Jenis Pesan Tersebut Bagi Komunikan adalah…?

×

Salah Satu Jenis Pesan Berdasarkan Sifatnya adalah Isi yang Mengajak Komunikan untuk Melakukan Perubahan yang Lebih Baik Atas Kehendaknya Sendiri. Akibat Penyampaian Jenis Pesan Tersebut Bagi Komunikan adalah…?

Sebarkan artikel ini

Komunikasi adalah alat vital dan tak terpisahkan dalam interaksi sosial manusia. Salah satu fasilitas penting komunikasi adalah pesan sebab tanpa pesan, komunikasi tidak akan berjalan. Pesan dirancang dan disampaikan dengan berbagai cara dan tujuan. Salah satu jenis pesan, berdasarkan sifatnya, adalah pesan yang isi atau kontennya mengajak komunikan untuk melakukan perubahan yang lebih baik berdasar kehendak sendiri. Akibat dari penyampaian pesan jenis ini pada komunikan bisa sangat beragam.

Mempromosikan Refleksi Diri

Salah satu dampak yang paling signifikan adalah kemampuan pesan semacam ini untuk mendorong proses refleksi diri. Pesan yang mengajak komunikan untuk melakukan perubahan positif atas kehendak sendiri cenderung membuat komunikan berfokus pada introspeksi. Mereka diarahkan untuk memeriksa perilaku mereka saat ini, berpikir tentang dampaknya dan kemudian merencanakan tindakan untuk membuat perubahan yang mereka anggap penting.

Meningkatkan Otonomi dan Pemberdayaan

Pesan semacam ini juga dapat mendorong otonomi dan pemberdayaan. Komunikan tidak hanya mendapat ide tentang apa yang perlu diubah, tetapi juga diberdayakan untuk membuat keputusan atas perubahan tersebut. Tidak ada tuntutan eksternal, sehingga komunikan merasa memiliki kontrol penuh atas proses perubahan dan hasilnya, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi dan komitmen mereka terhadap perubahan tersebut.

Menghadapi Tantangan dan Ketidakpastian

Di sisi lain, pesan yang mengajak untuk perubahan bisa menjadi tantangan bagi komunikan. Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan konsep perubahan atau bahkan merasa ditantang olehnya. Hal ini bisa menimbulkan rasa ketidakpastian dan stres. Mereka mungkin merasa bingung tentang perubahan apa yang harus mereka lakukan, bagaimana melakukannya, atau bahkan apakah mereka mampu melakukannya. Perasaan ini bisa memberikan tekanan tambahan bagi komunikan.

Dalam rangka untuk mengatasi tantangan ini, penting untuk mengkomunikasikan pesan dengan cara yang menunjukkan empati, kejelasan dan dukungan. Komunikan harus merasa bahwa mereka memiliki dukungan yang dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang diusulkan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, konsekuensi penyampaian pesan yang berisi ajakan untuk perubahan atas kehendak sendiri tergantung pada bagaimana komunikan menerima dan memproses pesan tersebut. Dengan dukungan yang tepat dan pendekatan yang empatik, pesan ini dapat menjadi faktor yang mendorong dalam pertumbuhan dan perubahan positif. Namun, tanpa pemahaman dan dukungan yang tepat, pesan tersebut bisa menjadi sumber stres dan ketidakpastian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *