Budaya

Sebuah Karya Tulis yang Memberikan Fakta yang Ditulis Berdasarkan Aturan Metodologi Penulisan yang Baik dan Benar serta Memperlihatkan Aspek-aspek dan Syarat yang Telah Ditentukan Disebut dengan…?

×

Sebuah Karya Tulis yang Memberikan Fakta yang Ditulis Berdasarkan Aturan Metodologi Penulisan yang Baik dan Benar serta Memperlihatkan Aspek-aspek dan Syarat yang Telah Ditentukan Disebut dengan…?

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia penulisan akademik dan ilmiah, karya tulis yang disajikan berdasarkan fakta-fakta konkret, ditulis dengan aturan metodologi pengumpulan dan penaatan data, serta memenuhi aspek dan syarat-syarat tertentu biasanya disebut sebagai “Karya Ilmiah”.

Pengertian Karya Ilmiah

Karya Ilmiah adalah sebuah karya yang dihasilkan dari kegiatan peneliti yang penulisannya melibatkan prosedur tertulis yang sistematis dan memiliki panduan penulisan yang baik dan benar. Karya ini berisi penemuan asli atau interpretasi baru yang disajikan secara logis, sistematis, dan kritis dengan memanfaatkan kaidah serta teknik penulisan ilmiah yang berlaku.

Aspek dan Syarat Karya Ilmiah

Dalam penulisan suatu karya ilmiah, penulis harus memperhatikan beberapa aspek dan syarat yang telah ditentukan. Beberapa aspek dan syarat tersebut antara lain:

  1. Kesesuaian Tempo Penulisan: Karya tulis ilmiah harus ditulis dengan tempo yang konsisten.
  2. Metodologi: Teknik pengumpulan data dan validasi uji hipotesis harus sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan.
  3. Objektivitas: Informasi yang disajikan harus berdasarkan pada fakta dan data, bukan opini atau persepsi pribadi.
  4. Ketepatan Referensi: Sumber informasi atau data yang digunakan dalam penelitian harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Bahasa dan Gaya Penulisan: Bahasa yang digunakan harus sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, yaitu bahasa yang jelas, efektif dan tepat.
  6. Sistematika Penulisan: Penyusunan suatu karya tulis harus mengikuti pola yang baku dan logis, dimulai dari pendahuluan, pembahasan, dan penutup.

Dengan memperhatikan aspek-aspek dan syarat-syarat di atas, penulisan karya ilmiah akan lebih terarah dan hasilnya akan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *