Budaya

Apa jenis jaringan otot yang berbentuk gelendong, berinti satu ditengah, kontraksi lambat dan tidak dibawah kendali otak, serta terletak di pembuluh darah, usus, kantung kemih dan rahim?

×

Apa jenis jaringan otot yang berbentuk gelendong, berinti satu ditengah, kontraksi lambat dan tidak dibawah kendali otak, serta terletak di pembuluh darah, usus, kantung kemih dan rahim?

Sebarkan artikel ini

Jaringan otot memang merupakan alat gerak aktif dalam tubuh manusia. Terdapat protein kontraktil dalam jaringan otot, seperti aktin dan myosin, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai kontraksi.

Namun terdapat tiga jenis utama dari jaringan otot, yaitu otot rangka, otot jantung, dan otot polos. Masing-masing jenis ini memiliki fungsi dan karakteristik yang unik.

Jaringan otot yang berbentuk gelendong, berinti satu di tengah, kontraksi lambat dan tidak di bawah kendali otak, serta terletak di pembuluh darah, usus, kantung kemih dan rahim adalah otot polos. Secara umum, struktur ini merupakan ciri khas dari otot polos.

Otot polos memang tidak bisa diatur oleh otak secara sadar. Dengan kata lain, otot ini bekerja secara otomatis. Hal ini bisa terlihat dari fungsinya dalam organ-organ yang dikedaliman oleh otot polos seperti pembuluh darah, usus, kantung kemih dan rahim. Misalnya, otot polos di pembuluh darah berkontraksi dan merileks dalam rangka mengatur tekanan darah dan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Di usus, otot polos berfungsi memindahkan makanan dan limbah melalui traktus pencernaan.

Kontraksi yang lebih lambat dibandingkan jenis otot lainnya adalah ciri lain dari otot polos. Hal ini juga berhubungan dengan fungsinya yang lebih pada proses-proses tubuh yang berlangsung secara perlahan dan berkelanjutan seperti pencernaan dan pengaturan tekanan darah.

Demikian penjelasan mengenai jenis jaringan otot yang berbentuk gelendong, berinti satu di tengah, kontraksi lambat dan tidak di bawah kendali otak, serta terletak di pembuluh darah, usus, kantung kemih dan rahim. Semoga dapat membantu menjawab soal Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *