Diskusi

Soal: Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial. Pernyataan tersebut merupakan pengertian sosiologi menurut………?

×

Soal: Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial. Pernyataan tersebut merupakan pengertian sosiologi menurut………?

Sebarkan artikel ini

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek sosial manusia, mulai dari perilaku individu dalam grup, interaksi sosial, hingga struktur dan proses sosial dalam masyarakat, termasuk perubahan sosial. Terdapat beberapa ahli sosiologi yang memberikan pandangan mereka dalam menjelaskan sosiologi.

Berikut ini adalah beberapa teorisi dan ahli yang mungkin cocok dengan uraian tersebut:

1. Emile Durkheim

Emile Durkheim adalah seorang ahli sosiologi Prancis. Ia merumuskan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial. Menurutnya, struktur dan proses dalam masyarakat termasuk bagian dari fakta sosial. Fakta sosial itu sendiri adalah cara bertindak, berpikir, dan merasa di luar jangkauan individu dan memiliki kekuatan memaksa oleh sebab itu mampu mengendalikan mereka.

2. Max Weber

Max Weber, seorang sociologis dan teoritis politik Jerman, juga memberikan penjelasan tentang sosiologi. Menurut Weber, sosiologi adalah ilmu yang berusaha memahami tindakan sosial dan dengan demikian memberikan penjelasan sebab-akibatnya. Dalam konteks ini, perubahan sosial dapat dianggap sebagai hasil dari tindakan sosial.

3. Herbert Spencer

Herbert Spencer, seorang ahli filsafat Inggris, berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu tentang bentuk-bentuk masyarakat manusia. Ia adalah salah satu penganjur pertama tentang analogi antara masyarakat dan organisme hidup (mengambil gambaran masyarakat sebagai struktur yang berkembang), dalam artian masyarakat juga memiliki struktur dan proses, dan mengalami perubahan sebagaimana halnya organisme hidup. Analogi ini menjadi dasar teori Evolusi Sosial Spencer.

Jadi, berdasarkan menjelaskan di atas, kalimat “Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial” bisa merujuk kepada pandangan sosiolog Emile Durkheim, Max Weber, atau Herbert Spencer tergantung pada konteks dan penekanan aspek-aspek tertentu sosiologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *