Sekolah

Bagian Akhir dalam sebuah Teks Eksposisi yang memuat Penguatan Kembali atas Pendapat yang telah Disampaikan berdasarkan Fakta dalam Bagian Argumentasi Merupakan …

×

Bagian Akhir dalam sebuah Teks Eksposisi yang memuat Penguatan Kembali atas Pendapat yang telah Disampaikan berdasarkan Fakta dalam Bagian Argumentasi Merupakan …

Sebarkan artikel ini

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang memiliki karakteristik dan struktur tertentu. Teks ini bertujuan untuk mengungkapkan ringkasan rinci yang tak memihak tentang suatu masalah, berpengetahuan, dan bertujuan informatif. Dalam bahasa Inggris, teks eksposisi dikenal dengan ‘expository essay’. Struktur teks ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi atau argumentasi, dan bagian penutup.

Tiap bagian ini memiliki fungsi yang berbeda, dimana bagian pendahuluan sebagai tempat penulisan latar belakang masalah, bagian isi atau argumentasi sebagai tempat penulisan pendapat penulis yang didukung oleh fakta-fakta dan analisis, dan bagian penutup sebagai tempat penulisan pernyataan ulang (restatement) pendapat penulis dan simpulan dari argumentasi.

Penutup dalam Teks Eksposisi

Bagian akhir dari teks eksposisi memiliki fungsi yang sangat penting. Bagian ini biasanya berisikan tentang kesimpulan dan reafirmasi penguatan pendapat yang telah disampaikan pada bagian argumentasi. Jadi, bagian terakhir atau penutup dalam sebuah teks eksposisi yang memuat penguatan kembali atas pendapat yang telah disampaikan berdasarkan fakta dalam bagian argumentasi adalah Kesimpulan dan atau Konklusi.

Konklusi atau kesimpulan dalam teks eksposisi adalah ringkasan efektif dari argumentasi yang telah disampaikan oleh penulis. Biasanya, di bagian ini penulis akan menyampaikan kembali poin-poin penting yang telah dibahas dalam teks dengan tujuan untuk memperkuat pendapatnya.

Keunggulan Pendekatan Konklusi

Menggunakan pendekatan konklusi pada bagian akhir teks eksposisi bisa membantu membaca untuk lebih memahami dan mendukung pernyataan penulis. Dengan mengulang pendapat yang telah disampaikan berdasarkan fakta dalam bagian argumentasi, pembaca akan memiliki kesempatan untuk merenungkan kembali tentang apa yang telah dibaca.

Bagian konklusi juga bisa digunakan untuk memberikan pandangan penulis terhadap apa yang bisa dilakukan terkait isu tersebut, memberikan suatu rekomendasi, atau mengajak pembaca untuk lebih peduli tentang suatu topik.

Ingatlah bahwa konklusi haruslah langsung dan jelas, mengulang argumentasi dan pendapat penulis tanpa menambahkan informasi baru. Informasi baru dapat membingungkan pembaca dan melemahkan posisi penulis.

Kesimpulan

Jadi, bagian akhir dalam sebuah teks eksposisi yang memuat penguatan kembali atas pendapat yang telah disampaikan berdasarkan fakta dalam bagian argumentasi adalah konklusi atau kesimpulan. Bagian ini memiliki peran yang penting dalam memperkuat argumentasi dan mendukung pembaca untuk merenungkan kembali tentang pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *