Budaya

Sistem Operasi yang Menggunakan Tampilan Grafis, yang Dapat Dikendalikan Menggunakan Perangkat Penunjuk, Seperti Mouse atau Track Pad adalah Pengertian dari Apa?

×

Sistem Operasi yang Menggunakan Tampilan Grafis, yang Dapat Dikendalikan Menggunakan Perangkat Penunjuk, Seperti Mouse atau Track Pad adalah Pengertian dari Apa?

Sebarkan artikel ini

Sistem operasi (OS) adalah perangkat lunak yang melayani sebagai antarmuka antara pengguna komputer dan perangkat keras komputer. Salah satu jenis sistem operasi yang populer adalah sistem operasi berbasis grafis. Sistem operasi jenis ini mengizinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem dengan menggunakan tampilan visual atau grafis, bukan melalui teks atau baris perintah.

Sistem operasi ini dapat dikendalikan menggunakan perangkat penunjuk seperti mouse atau track pad, dan jenis sistem operasi ini dikenal sebagai sistem operasi berbasis GUI atau Graphical User Interface.

Sejarah GUI

Konsep GUI pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Xerox PARC pada tahun 1970-an dalam proyek mereka yang dikenal sebagai “Xerox Alto.” Paradigma baru ini kemudian berhasil dikembangkan dan dipopulerkan oleh perusahaan seperti Apple, Microsoft dan IBM.

Apple menjadi salah satu pionir dalam penerapan GUI pada produk mereka, Apple Lisa dan Macintosh. Setelah itu, Microsoft merespon dengan merilis Windows, yang juga merupakan sistem operasi GUI.

Keuntungan GUI

  1. Mudah Digunakan: GUI menyediakan lingkungan yang intuitif dan mudah dipelajari oleh pengguna baru. Dengan menggunakan ikon dan menu, pengguna dapat menavigasi dan menggunakan komputer dengan sedikit atau tanpa pengetahuan bahasa pemrograman.
  2. Multitasking: Dengan GUI, pengguna dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan beralih di antara mereka dengan mudah. Ini memungkinkan efisiensi kerja yang tinggi.
  3. Standar Antar Aplikasi: GUI memberikan standar antar aplikasi, yang berarti pengguna dapat mengharapkan elemen yang sama (tombol, menu drop-down, dll.) berfungsi dengan cara yang sama di semua aplikasi.

Namun, perlu dicatat bahwa sistem operasi berbasis GUI biasanya menggunakan lebih banyak sumber daya sistem dibandingkan sistem operasi berbasis teks.

Contoh sistem operasi berbasis GUI

Beberapa contoh sistem operasi berbasis GUI yang populer dan luas digunakan di seluruh dunia termasuk:

  • Microsoft Windows
  • MacOS dari Apple
  • Berbagai distro Linux dengan lingkungan desktop seperti GNOME dan KDE.

Kesimpulannya, sistem operasi yang menggunakan tampilan grafis, yang dapat dikendalikan menggunakan perangkat penunjuk seperti mouse atau track pad, adalah definisi dari sistem operasi berbasis GUI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *