Sosial

Perangkat Lunak Sistem yang Mengelola Perangkat Keras Komputer, Sumber Daya Perangkat Lunak, dan Menyediakan Layanan Umum untuk Program Komputer Disebut?

×

Perangkat Lunak Sistem yang Mengelola Perangkat Keras Komputer, Sumber Daya Perangkat Lunak, dan Menyediakan Layanan Umum untuk Program Komputer Disebut?

Sebarkan artikel ini

Perangkat lunak sistem adalah komponen penting yang menjaga komputer berjalan dengan lancar. Sebagai hubungan antara perangkat keras dan aplikasi yang digunakan pengguna, perangkat lunak sistem berperan penting dalam mengelola dan koordinasikan pemakaian perangkat keras dan operasi.

Perangkat Lunak Sistem: Pengertian dan Fungsi

Perangkat lunak sistem adalah jenis perangkat lunak yang tentukan bagaimana sistem komputer akan berfungsi. Tugas utamanya meliputi mengelola dan mengendalikan perangkat keras komputer, mengelola sumber daya dan layanan perangkat lunak, serta menyediakan layanan umum untuk aplikasi komputer.

Perangkat lunak sistem memungkinkan perangkat keras dan perangkat lunak lainnya bekerja bersama dengan lancar. Ini akan memilah dan mengalokasikan sumber daya, mengkoordinasikan tugas, dan mengatur operasi sistem.

Jenis Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem termasuk dalam beberapa jenis, di antaranya adalah:

  1. Sistem Operasi: Seperti Windows, Linux, atau MacOS, yang bertanggung jawab atas interaksi antara pengguna dan perangkat keras.
  2. Utilitas Sistem: Program yang menambah fungsionalitas sistem operasi seperti antivirus, utilitas disk, dan backup software.
  3. Driver Perangkat: Software yang membantu sistem operasi berkomunikasi dengan perangkat keras.

Kesimpulan

Oleh karena itu, respon yang paling akurat untuk soal di atas ialah “sistem operasi”. Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengelola perangkat keras komputer, sumber daya perangkat lunak, dan menyediakan layanan umum untuk program komputer. Bergantung pada perangkat keras dan tugas yang dibutuhkan untuk menjalankan, berbagai jenis sistem operasi dapat digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *