Diskusi

Membuat Tugas atau Tulisan Ilmiah untuk Anda Pergunakan pada Beberapa Matakuliah yang Berbeda Termasuk pada Pelanggaran Integritas Akademik Berupa …

×

Membuat Tugas atau Tulisan Ilmiah untuk Anda Pergunakan pada Beberapa Matakuliah yang Berbeda Termasuk pada Pelanggaran Integritas Akademik Berupa …

Sebarkan artikel ini

Menghadapi tugas akademik tentu sudah menjadi bagian dari keseharian mahasiswa. Salah satu tantangan utamanya adalah menyelesaikan tugas atau tulisan ilmiah yang memerlukan penelitian dan analisis yang mendalam. Bertambahnya tantangan ketika kita harus mengatur waktu dan sumber daya agar bisa menghasilkan karya ilmiah untuk berbagai matakuliah yang berbeda.

Namun, kita perlu memahami bahwa gaya penulisan, struktur, argumen, dan bahkan referensi dapat berbeda-beda tergantung matakuliah yang bersangkutan. Dalam hal ini, penting untuk tidak mengambil jalan pintas dengan cara yang dapat merusak integritas akademik kita. Salah satu bentuk pelanggaran integritas akademik yang perlu kita waspadai yaitu, menggunakan tugas atau tulisan ilmiah yang sama untuk berbagai matakuliah yang berbeda.

Pelecehan Integritas Akademik

Merujuk pada plagiarisme.org, menggunakan satu buah tugas atau karya ilmiah untuk lebih dari satu matakuliah tanpa persetujuan dari semua dosen yang bersangkutan dianggap sebagai tindakan pelanggaran integritas akademik. Praktek ini dikenal dengan berbagai nama seperti ‘double dipping’, ‘double submission’, atau ‘self-plagiarism’.

Bagaimana Cara yang Tepat?

Bagaimana seharusnya kita melaksanakan tugas untuk berbagai matakuliah dan tetap menjaga integritas akademik? Berikut beberapa saran:

1. Jangan Asal Salin Tempel Karya Sendiri

Meskipun pekerjaan tersebut berasal dari Anda sendiri, itu tetap tidak dapat digunakan kembali tanpa proper acknowledgment atau persetujuan yang sah dari dosen yang bersangkutan.

2. Komunikasikan dengan Dosen Anda

Jika Anda berencana untuk menggunakan beberapa elemen dari penelitian atau tugas Anda sebelumnya, usahakan untuk meminta persetujuan dari dosen Anda. Jelaskan bagaimana Anda berencana untuk expand atau memperluas ide tersebut agar tidak sama persis.

3. Kerjakan Tugas Anda dengan Kreatif

Dari setiap tugas yang diberikan oleh dosen, Anda dapat memperoleh pengalaman baru dan antusiasme dalam menciptakan karya akademik yang asli dan kreatif.

Ketidakjujuran akademik akan merugikan diri sendiri, baik sekarang maupun di masa yang akan datang. Sementara itu, menunjukkan integritas akademik dan profesionalisme dapat membantu membangun reputasi yang baik. Dengan demikian, penting untuk selalu menaati norma-norma etika akademik dan menunjukkan integritas dalam setiap karya Anda. Sicher war!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *