Sosial

Serangkaian Kriteria Indikator yang Menunjukkan Proses Peserta Didik untuk Mencapai Kompetensi pada Tujuan Pembelajaran Dikenal dengan Istilah Apa?

×

Serangkaian Kriteria Indikator yang Menunjukkan Proses Peserta Didik untuk Mencapai Kompetensi pada Tujuan Pembelajaran Dikenal dengan Istilah Apa?

Sebarkan artikel ini

Serangkaian kriteria indikator yang menunjang proses peserta didik untuk mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran memiliki beberapa terminologi. Namun, pada umumnya, dalam konteks pendidikan, istilah yang sering digunakan adalah “Rubrik”.

Pengertian Rubrik

Rubrik adalah alat evaluasi yang berisi sejumlah kriteria yang berspesifik dan berurutan yang digunakan untuk menilai kualitas pekerjaan atau kinerja peserta didik dalam menyelesaikan tugas atau menunjukkan kompetensi tertentu. Rubrik biasanya digunakan dalam penilaian otentik, untuk menilai hasil pekerjaan peserta didik seperti laporan, makalah, proyek, presentasi, dan karya seni.

Fungsi Rubrik

Rubrik memiliki tiga fungsi utama dalam proses pembelajaran. Fungsi tersebut yaitu:

  1. Sebagai Alat Evaluasi: Rubrik membantu guru dalam menilai prestasi peserta didik secara objektif dan konsisten. Dengan menggunakan rubrik, guru dapat mengurangi subjektivitas dalam penilaian.
  2. Sebagai Alat Pembelajaran: Rubrik digunakan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik tentang kekuatan dan kelemahan pekerjaan mereka. Ini membantu peserta didik memahami apa yang mereka lakukan dengan baik dan area mana yang memerlukan perbaikan.
  3. Sebagai Alat Komunikasi: Rubrik juga membantu guru dalam berkomunikasi dengan peserta didik, dan orang tua tentang harapan dan standar kinerja pada tugas atau kompetensi.

Membuat Rubrik

Ada banyak cara untuk membuat rubrik, tergantung pada tujuan dan macam tugas atau kompetensi yang akan dinilai. Namun, pada umumnya, proses pembuatan rubrik melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Mendefinisikan Tujuan: Guru harus mengetahui apa saja kompetensi yang ingin dinilai dan tujuan dari penilaian tersebut.
  2. Membuat Kriteria Penilaian: Guru perlu menetapkan kriteria yang akan digunakan untuk menilai kinerja peserta didik.
  3. Menetapkan Level Prestasi: Guru memutuskan berapa banyak level prestasi yang akan digunakan dalam rubrik dan memberi deskripsi untuk masing-masing level tersebut.
  4. Mengaplikasikan dan Merevisi Rubrik : Guru menggunakan rubrik untuk menilai kinerja peserta didik dan merevisi jika diperlukan.

Rubrik memainkan peran penting dalam pendidikan karena membantu standarisasi dan objektivitas dalam proses penilaian. Selain itu, rubrik memastikan bahwa peserta didik memahami harapan dan standar yang ditetapkan oleh guru sehingga mereka dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *