Sekolah

Sebatang Plastik Bermuatan Negatif Didekatkan Elektroskop Bermuatan Negatif: Jika Kepala Elektroskop Disentuh dengan Jari, Maka ….?

×

Sebatang Plastik Bermuatan Negatif Didekatkan Elektroskop Bermuatan Negatif: Jika Kepala Elektroskop Disentuh dengan Jari, Maka ….?

Sebarkan artikel ini

Elektroskop adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi adanya muatan listrik. Saat sebuah benda bermuatan listrik didekatkan dengan elektroskop, proses yang terjadi adalah induksi elektrostatik.

Induksi elektrostatik adalah proses pemisahan muatan yang disebabkan oleh pendekatan benda bermuatan tanpa melakukan kontak langsung. Induksi ini memanfaatkan prinsip bahwa muatan sejenis akan saling tolak, dan muatan yang tidak sejenis akan saling tarik.

Skenario Elektroskop dan Plastik Bermuatan Negatif

Pada kasus ini, sebatang plastik bermuatan negatif didekatkan elektroskop bermuatan negatif. Kita perlu memahami pengaruh interaksi ini terhadap elektroskop, terutama ketika kepala elektroskop disentuh dengan jari.

Ketika plastik bermuatan negatif didekatkan, elektroskop akan melakukan induksi elektrostatik. Muatan negatif pada plastik akan membuat muatan negatif pada elektroskop berpindah ke bagian bawah, karena muatan yang sejenis saling tolak. Kepala elektroskop, atau jarum penunjuk, akan menjadi bermuatan positif karena ditinggalkan muatan positif.

Pengaruh Sentuhan Jari

Jika setelah itu kepala elektroskop disentuh dengan jari, maka arus listrik akan mengalir dari elektroskop ke jari. Ini memanfaatkan prinsip bahwa listrik akan mencari jalur terpendek dan resistansi terendah menuju tanah (ground).

Karena jarum penunjuk bermuatan positif dan jari kita pun bermuatan positif, maka muatan positif akan berpindah dari elektroskop ke jari kita, mengikuti hukum Coulomb yang mengatakan muatan sejenis tolak-menolak.

Kesimpulan

Oleh karena itu, jika kepala elektroskop yang didekati sebatang plastik bermuatan negatif disentuh dengan jari, maka muatan di elektroskop tersebut akan berkurang. Jarum penunjuk yang sebelumnya terpisah (karena bermuatan positif) akan kembali ke posisi semula (tegak lurus) seiring berkurangnya muatan pada elektroskop.

Ini menunjukkan bahwa muatan di elektroskop telah berpindah ke tangan pengguna melalui proses grounding.

Catatan: Informasi ini berlaku jika elektroskop dan plastik diisolasi dengan baik, dan tidak ada benda lain yang bermuatan listrik di sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *