Diskusi

Relasi yang Menghubungkan Setiap Anggota Himpunan Daerah Asal dengan Tepat Satu Anggota Himpunan Daerah Kawan Dinamakan Apa?

×

Relasi yang Menghubungkan Setiap Anggota Himpunan Daerah Asal dengan Tepat Satu Anggota Himpunan Daerah Kawan Dinamakan Apa?

Sebarkan artikel ini

Relasi pada himpunan adalah suatu hubungan antara dua hal atau lebih, yang membentuk suatu pasangan anggota dari dua himpunan. Di dalam matematika, konsep ini sangat umum ditemui dan menjadi dasar bagi banyak penalaran dan metode lainnya. Dalam konteks pertanyaan ini, pernyataan “relasi yang menghubungkan setiap anggota himpunan daerah asal dengan tepat satu anggota himpunan daerah kawan” merujuk pada konsep yang disebut sebagai relasi fungsi.

Fungsi adalah sebuah relasi khusus yang memetakan setiap elemen pada himpunan asal, atau sering juga disebut sebagai domain, dengan tepat satu elemen pada himpunan kawan, yang juga kerap dikenal sebagai kodomain atau range. Dengan kata lain, dalam suatu fungsi, tidak ada satu pun elemen di himpunan daerah asal (domain) yang memiliki lebih dari satu pasangan di himpunan kawan (kodomain).

Sebagai ilustrasi, andaikan kita memiliki sebuah himpunan A = {1, 2, 3} adalah himpunan asal dan himpunan B = {a, b, c} adalah himpunan kawan. Jika kita mendefinisikan fungsi f sebagai f(1) = a, f(2) = b, dan f(3) = c, maka f adalah fungsi karena setiap elemen di himpunan A dipetakan tepat ke satu elemen di himpunan B.

Berbeda jika misalnya kita mendefinisikan g sebagai g(1) = a, g(2) = a, dan g(3) = c. Dalam hal ini, g bukanlah fungsi, karena ada elemen di A (yaitu 1 dan 2) yang dipetakan ke lebih dari satu elemen di B.

Jadi, jawaban dari pertanyaan “relasi yang menghubungkan setiap anggota himpunan daerah asal dengan tepat satu anggota himpunan daerah kawan dinamakan apa?” adalah fungsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *