Ilmu

Guna mendapatkan barang yang jumlahnya terbatas maka diperlukan pengorbanan hal tersebut merupakan pengertian dari barang…?

×

Guna mendapatkan barang yang jumlahnya terbatas maka diperlukan pengorbanan hal tersebut merupakan pengertian dari barang…?

Sebarkan artikel ini

Dalam pengertian ekonomi, barang yang jumlahnya terbatas dan untuk mendapatkannya diperlukan pengorbanan disebut sebagai Barang Ekonomi. Kata ini juga bisa digunakan untuk merujuk ke berbagai barang dan jasa yang permintaannya lebih besar daripada ketersediaannya. Konsep ini penting dalam bidang ekonomi karena itulah yang melandasi Hukum Permintaan dan Penawaran.

Barang Ekonomi dan Pengorbanan

Barang ekonomi adalah barang atau jasa yang jumlahnya terbatas dan tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan manusia. Ketersediaan barang ekonomi yang terbatas ini seringkali membutuhkan individu untuk melakukan pengorbanan dalam bentuk apa pun untuk mendapatkannya. Pengorbanan ini bisa berupa waktu, tenaga, atau bahkan uang.

Pada dasarnya, konsep ini berakar dari dua fakta dasar kehidupan ekonomi:

  1. Sumber daya yang tersedia bagi individu dan masyarakat adalah terbatas.
  2. Kebutuhan dan keinginan manusia secara teori adalah tidak terbatas.

Oleh karena itu, diperlukan suatu mekanisme guna membuat keputusan tentang cara terbaik menggunakan sumber daya yang terbatas ini untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia yang tidak terbatas. Melestarikan sumber daya dengan cara yang paling efisien dan efektif dikenal sebagai pengelolaan sumber daya ekonomi.

Barang Ekonomi dalam Perekonomian

Barang ekonomi memiliki peran penting dalam memastikan fungsi perekonomian sebuah negara, karena faktor-faktor seperti suplai dan permintaan, harga, dan produksi sangat tergantung pada ketersediaan barang ekonomi.

Perlu diingat bahwa dalam perekonomian, barang dan jasa terbagi menjadi dua kategori: barang ekonomi dan barang non-ekonomi (atau barang bebas). Barang non-ekonomi adalah barang yang tersedia dalam jumlah tak terbatas dan tidak memerlukan pengorbanan untuk mendapatkannya, contohnya udara dan sinar matahari.

Kesimpulan

Dalam konteks ekonomi, guna mendapatkan barang yang jumlahnya terbatas maka diperlukan pengorbanan hal tersebut merupakan pengertian dari barang ekonomi. Konsep ini sangat penting dalam memahami bagaimana sumber daya yang terbatas digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia yang tak terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *