Diskusi

Revolusi Februari 1917 Berhasil Menggulingkan Pemerintahan Tsar, Peristiwa Tersebut Memunculkan Pemimpin Baru Rusia Yaitu?

×

Revolusi Februari 1917 Berhasil Menggulingkan Pemerintahan Tsar, Peristiwa Tersebut Memunculkan Pemimpin Baru Rusia Yaitu?

Sebarkan artikel ini

Revolusi Februari 1917 adalah titik balik sejarah rusia dan dunia secara keseluruhan. Revolusi ini berakibat pada penggulingan pemerintahan Tsar Nicholas II dan berakhirnya 300 tahun pemerintahan Romanov di Rusia. Hal ini membuka pintu untuk kemunculan seorang pemimpin baru yang akan mengubah arah sejarah Rusia: Vladimir Lenin.

Pemerintahan Tsar dan Revolusi Februari 1917

Pada awal abad ke-20, Rusia dihantui oleh berbagai masalah, mulai dari kemiskinan, korupsi, hingga ketidakpuasan terhadap Tsar. Ekonomi Rusia yang hancur, rentanitas terhadap serangan, dan kerusuhan internal menjadi beban yang membebani pemerintahan Tsar. Semua hal ini mencapai puncaknya pada Februari 1917 ketika penumpasan berdarah demonstrasi anti-Tsar di Petrograd memicu kerusuhan massal yang akhirnya mengakhiri pemerintahan Tsar.

Munculnya Pemimpin Baru: Vladimir Lenin

Dalam kekacauan pasca-revolusi, berbagai kekuatan politik berusaha mengambil keuntungan dari situasi genting tersebut. Salah satunya adalah Partai Bolshevik, yang dipimpin oleh Vladimir Lenin. Lenin adalah politisi dan revolusioner Marxisme yang cerdas dan karismatik. Dengan janji menjadikan Rusia negeri proletar, ia berhasil memenangkan dukungan banyak orang.

Pada April 1917, Lenin kembali ke Rusia setelah pengasingannya dan mulai aktif dalam politik revolusioner. Lalu, pada November – dalam apa yang dikenal sebagai Revolusi Oktober – ia dan Partai Bolshevik merebut kekuasaan.

Lenin kemudian memimpin pembentukan Republik Federasi Sosialis Soviet Rusia, dan menjabat sebagai pemimpin pertamanya sampai kematiannya pada tahun 1924. Setelah kematiannya, Josef Stalin mengambil alih kendali, dan pemimpinannya seringkali lebih brutal dan otoriter daripada Lenin.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peristiwa Revolusi Februari 1917 yang berhasil menggulingkan pemerintahan Tsar memunculkan pemimpin baru Rusia, yaitu Vladimir Lenin. Lenin bukan hanya berperan penting dalam perumusan dan pelaksanaan revolusi tersebut, tetapi juga dalam pembentukan negara Soviet dan pengaruhnya di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *