Diskusi

Perbuatan yang Jika Kita Lakukan Akan Membuat Kita Saling Menyayangi Sesama Muslim Berdasarkan Sabda Rasulullah Adalah…?

×

Perbuatan yang Jika Kita Lakukan Akan Membuat Kita Saling Menyayangi Sesama Muslim Berdasarkan Sabda Rasulullah Adalah…?

Sebarkan artikel ini

Perilaku seorang muslim terhadap sesama muslim lainnya sangat penting dalam Islam. Sabda Rasulullah SAW banyak mengandung petunjuk tentang bagaimana seorang muslim seharusnya bersikap terhadap muslim lainnya. Seorang muslim tidak hanya diperintahkan untuk berbuat baik kepada orang lain, tetapi juga diperintahkan untuk saling menyayangi sesama muslim. Berikut ini adalah beberapa perbuatan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang dapat memperkuat rasa cinta serta kepedulian antara sesama muslim.

1. Salam

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

‘Janganlah kamu masuk surga hingga kamu beriman. Dan kamu tidak akan beriman hingga kamu saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kamu sesuatu yang jika kamu melakukannya kamu akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kamu.’ (HR. Muslim).

Artinya, memberikan salam kepada sesama muslim adalah salah satu cara untuk memperkuat persaudaraan dan menciptakan rasa cinta di antara sesama umat Islam.

2. Memberi Hadiah

Rasulullah SAW bersabda,

“Tukarlah hadiahlah niscaya kamu akan saling mencintai.” (HR. Bukhari)

Memberikan hadiah kepada orang lain dapat menciptakan rasa cinta dan persaudaraan yang mendalam. Hadiah yang diberikan tidak perlu mahal, yang penting adalah niat dan makna di balik hadiah tersebut.

3. Mendoakan dalam Ketidakhadiran

Mendoakan saudara seiman di belakangnya, dalam artian ketika saudara seiman tersebut tidak ada di depan kita, adalah salah satu perbuatan yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda,

“Doa seorang muslim untuk saudaranya dalam ketidakhadiran (tidak dilihat oleh yang didoakan) pasti dikabulkan. Pada kepalanya ada malaikat yang ditugaskan. Setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, malaikat yang ditugaskan itu berkata : amin dan semoga kamu juga demikian.” (HR. Muslim)

4. Menutup Aib Sesama Muslim

Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat. Barangsiapa yang membeberkan aib saudaranya, maka Allah akan membeberkan aibnya hingga dia dipermalukan walaupun di dalam rumahnya sekalipun.” (HR. Ahmad).

Melakukan perbuatan-perbuatan ini dapat memperkuat ikatan cinta, hormat, dan persaudaraan antara sesama umat muslim, serta dapat mengimplementasikan sabda Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *