Sosial

Teknik Dasar Basket Dimana Saat Melakukan Drible Satu Kaki Tetap dan Kaki yang Lain Bergerak Bebas adalah Teknik……?

×

Teknik Dasar Basket Dimana Saat Melakukan Drible Satu Kaki Tetap dan Kaki yang Lain Bergerak Bebas adalah Teknik……?

Sebarkan artikel ini

Basket adalah salah satu cabang olahraga yang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Dalam permainan ini, ada beberapa teknik dasar yang harus dipahami dan dikuasai oleh pemain, salah satunya adalah teknik melakukan dribble. Dalam melakukan dribble, ada suatu teknik yang memungkinkan pemain memegang bola dengan satu tangan, dan menjaganya dengan melakukan gerakan memantul-mantulnya bola ke lantai, sementara satu kaki tetap dan yang lain bergerak bebas. Teknik ini dikenal dengan sebutan Pivot.

Teknik Pivot dalam Basket

Pivot adalah teknik yang digunakan dalam basket untuk bergerak di sekitar lawan tanpa terkena pelanggaran perjalanan (travelling). Ketika melakukan pivot, pemain basket memutar tubuhnya sambil menjaga satu kaki (kaki pivot) di tempat yang sama.

Pivot memberikan pemain lebih banyak opsi dan fleksibilitas dalam bermain. Pemain dapat memilih untuk melanjutkan dribble, melakukan pass kepada rekan satu tim, atau menembak ke ring basket.

Ada dua tipe Pivot, yaitu:

  1. Forward Pivot: Hal ini terjadi ketika pemain memutar dirinya ke depan. Biasanya dilakukan jika pemain berhadapan langsung dengan lawan.
  2. Reverse Pivot: Pemain memutar diri ke belakang. Sangat efektif jika pemain dikelilingi oleh beberapa pemain lawan.

Cara Melakukan Teknik Pivot

Berikut ini adalah cara melaksanakan teknik Pivot:

  1. Tentukan kaki pivot Anda. Ini biasanya merupakan kaki yang berlawanan dengan tangan dominan Anda (misalnya, kiri jika Anda kidal, atau kanan jika Anda tangan kanan).
  2. Pegang bola dengan kedua tangan dan posisikan bola di atas bahu Anda.
  3. Letakkan berat badan Anda pada kaki pivot Anda.
  4. Pindahkan kaki lainnya untuk memposisikan diri Anda berhadapan dengan lawan.
  5. Pastikan kaki pivot Anda tetap berada pada posisinya, dan berputarlah menggunakan kaki pivot.

Teknik pivot merupakan salah satu teknik penting yang harus dikuasai oleh setiap pemain basket. Dengan menguasai teknik pivot, pemain memiliki lebih banyak pilihan strategis dan bisa bermain lebih fleksibel di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *