Budaya

Enzim yang Berfungsi Menguraikan Protein Menjadi Peptida dan Asam-asam Amino yang Dihasilkan oleh Pankreas adalah …

×

Enzim yang Berfungsi Menguraikan Protein Menjadi Peptida dan Asam-asam Amino yang Dihasilkan oleh Pankreas adalah …

Sebarkan artikel ini

Pankreas merupakan organ penting dalam sistem pencernaan yang menghasilkan berbagai enzim digestif yang berfungsi untuk memecah molekul makanan kompleks menjadi komponen yang lebih sederhana, sehingga dapat diserap oleh tubuh. Dalam konteks protein, pankreas menghasilkan enzim tertentu yang berperan dalam mengkonversi protein menjadi peptida dan asam-asam amino, yaitu Trisin, Kimotripsin, dan Karboxipeptidase.

Trisin

Enzim ini diproduksi dalam bentuk inaktif, trypsinogen, di pankreas. Setelah dilepaskan ke dalam duodenum, trypsinogen diaktifkan menjadi trypsin oleh enzim enteropeptidase. Trisin kemudian berperan dalam pemecahan protein dan polipeptida menjadi peptida yang lebih kecil.

Kimotripsin

Kimotripsin juga diproduksi dalam bentuk inaktif, chymotrypsinogen, di pankreas. Berkat aktivasi oleh trypsin, chymotrypsinogen berubah menjadi chymotrypsin. Kimotripsin lebih lanjut memecahkan peptida menjadi asam amino yang lebih kecil.

Karboxipeptidase

Karboxipeptidase, yang diproduksi sebagai prokarboxipeptidase di pankreas dan diaktifkan oleh trypsin, berperan dalam menghilangkan asam amino pada ujung karboksil dari peptida, perlahan-lahan mereduksinya menjadi asam amino tunggal.

Protein merupakan molekul kompleks dan besar yang tidak bisa langsung diserap oleh tubuh. Dengan bantuan enzim dari pankreas ini, protein yang kita konsumsi dapat dipecah menjadi asam amino, yang dapat diserap dan digunakan oleh tubuh untuk berbagai fungsi, seperti sintesis protein baru yang membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Dengan demikian, trypsin, chymotrypsin, dan karboxipeptidase merupakan enzim kunci yang dihasilkan oleh pankreas dan bertanggung jawab untuk menguraikan protein menjadi peptida dan asam-asam amino.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *