Diskusi

Analisis Kriteria dalam Menentukan Permasalahan Sosial Berdasarkan Nilai dan Norma yang Berlaku dalam Masyarakat

×

Analisis Kriteria dalam Menentukan Permasalahan Sosial Berdasarkan Nilai dan Norma yang Berlaku dalam Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Permasalahan sosial merupakan isu-isu yang muncul dalam masyarakat dan berdampak pada sebagian besar atau seluruh anggota masyarakat tersebut. Identifikasi dan analisis permasalahan sosial membutuhkan pemahaman yang kuat tentang nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kriteria penting yang harus dipertimbangkan dalam menentukan permasalahan sosial.

1. Keterlibatan Komunal

Untuk menentukan apakah sesuatu merupakan permasalahan sosial, kita perlu memeriksa sejauh mana isu tersebut mempengaruhi atau melibatkan masyarakat secara keseluruhan. Permasalahan sosial seringkali mempengaruhi sejumlah besar individu dan bukan hanya kasus atau situasi individu.

2. Ketidaksesuaian dengan Nilai dan Norma Masyarakat

Permasalahan sosial biasanya datang dalam bentuk apapun yang bertentangan dengan nilai dan norma yang telah diterima oleh masyarakat. Nilai adalah apa yang dianggap penting dan berharga oleh masyarakat, sedangkan norma adalah aturan-aturan dan harapan tentang bagaimana anggota masyarakat harus bertindak. Jika suatu isu atau situasi mengancam atau merusak nilai dan norma ini, maka bisa dipandang sebagai permasalahan sosial.

3. Imbas yang Dinamis

Sebuah permasalahan dianggap sebagai permasalahan sosial jika dampaknya melampaui individu atau keluarga. Artinya, permasalahan sosial memiliki efek domino yang dapat mempengaruhi berbagai level dan sektor masyarakat.

4. Kebutuhan Aksi Sosial

Permasalahan sosial memerlukan intervensi aktif dari masyarakat untuk diyakinkan bahwa perubahan yang positif dapat dicapai. Inilah sebabnya mengapa aksi sosial dan kebijakan publik seringkali menjadi pusat analisis dalam menentukan dan mencoba memecahkan permasalahan sosial.

5. Sifat Urgensi

Sebuah isu dapat dianggap sebagai permasalahan sosial jika ia memiliki tingkat urgensi yang tinggi dan membutuhkan penanganan segera untuk mencegah kerusakan lebih lanjut bagi masyarakat.

Dalam melakukan analisis permasalahan sosial, penting untuk mempertimbangkan semua kriteria ini. Dengan melakukan ini, kita akan lebih mampu mengidentifikasi dan mencari solusi yang efektif untuk permasalahan sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *