Budaya

Soal Uraian: “Must contain a number, a special character, and both lowercase and uppercase letters.” Artinya?

×

Soal Uraian: “Must contain a number, a special character, and both lowercase and uppercase letters.” Artinya?

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia teknologi informasi, kita sering kali dihadapkan pada sebuah instruksi atau peringatan seperti “must contain a number, a special character, and both lowercase and uppercase letters.” Sebenarnya, apa artinya frase tersebut? Mari kita jawab pertanyaan ini melalui artikel ini.

Pengertian istilah

Frase tersebut sebenarnya berkaitan dengan kriteria yang harus dipenuhi saat kita membuat sebuah ‘password’ atau kata sandi. Disini kita diharuskan untuk membuat kata sandi yang mengandung sebuah angka (‘number’), simbol atau karakter khusus (‘special character’), serta huruf kapital (‘uppercase letters’) dan huruf kecil (‘lowercase letters’).

Mari kita bahas masing-masing elemen ini satu per satu:

  1. Angka: Ini cukup jelas, diharapkan kita menambahan satu atau lebih angka dalam kata sandi kita. Angka-angka ini bisa berada di mana saja di dalam kata sandi tersebut.
  2. Simbol atau karakter khusus: Ini dapat berupa tanda baca atau simbol lain yang tidak tergolong sebagai huruf atau angka. Misalnya, @, #, $, %, ^, &, *, (, ), -, +, !, dll.
  3. Huruf kapital: Huruf kapital adalah huruf yang besar atau huruf yang biasanya kita gunakan di awal kalimat atau nama. Misalnya, A, B, C, hingga Z.
  4. Huruf kecil: Ini adalah versi ‘kecil’ dari huruf-huruf dalam alfabet dan biasanya digunakan di seluruh kalimat kecuali di awal kalimat atau nama. Misalnya, a, b, c, hingga z.

Mengapa Perlu?

Kriteria ini biasanya diminta untuk memastikan bahwa kata sandi yang kita buat cukup kuat dan sulit untuk ditebak atau dicrack oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Dengan adanya kombinasi angka, simbol, dan huruf (baik kapital maupun kecil), jumlah kemungkinan dari kata sandi tersebut menjadi jutaan kali lipat dibandingkan dengan kata sandi yang hanya dibuat dengan menggunakan huruf kecil saja. Ini memperkecil peluang kata sandi tersebut bisa ditebak atau dicrack.

Jadi, ketika Anda melihat instruksi atau peringatan “must contain a number, a special character, and both lowercase and uppercase letters,” itu artinya Anda harus membuat kata sandi yang mencakup setidaknya satu angka, satu karakter khusus, satu huruf kecil, dan satu huruf kapital. Itulah cara kita membuat ‘password’ yang kuat dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *