Sekolah

Apa Saja Bentuk Kegiatan untuk Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI yang Dilakukan oleh Masyarakat di Sekitarmu?

×

Apa Saja Bentuk Kegiatan untuk Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI yang Dilakukan oleh Masyarakat di Sekitarmu?

Sebarkan artikel ini

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah sebuah frase yang sering kita dengar dan terdapat prinsip dasar bahwa NKRI adalah bentuk negara yang mutlak dan harus dipertahankan oleh warganya. NKRI memegang segala aspek dalam kehidupan masyarakat, mulai dari aspek politik, sosial, ekonomi, kebudayaan, pertahanan, dan keamanan. Oleh karenanya, keutuhan wilayah NKRI harus dijaga serta dipelihara dengan bersama-sama oleh setiap warga.

Partisipasi Masyarakat

Masyarakat di sekitar kita memiliki peran besar dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI. Berikut beberapa bentuk kegiatan yang dapat dilakukan oleh masyarakat:

1. Menjaga Kerukunan Antar Warga dan Suku

Indonesia adalah negara yang kaya dengan berbagai suku dan budaya. Maka dari itu, kerukunan antar warga dan suku menjadi hal utama dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI. Hal ini dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan, seperti acara gotong royong, dialog interaktif antar warga, mengadakan pertemuan rutin, dan lainnya.

2. Pendidikan Pancasila

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam rangka menguatkan keutuhan NKRI adalah dengan memperkenalkan dan mengajarkan nilai-nilai Pancasila sejak dini kepada generasi muda. Hal ini bertujuan agar masyarakat memahami bagaimana harus bertingkah laku dan beraktivitas sesuai dengan nilai-nilai yang ada di Pancasila.

3. Membuat Acara Sosialisasi

Masyarakat bisa membuat acara sosialisasi tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI serta ancaman-ancaman yang bisa mengganggu keutuhan tersebut. Sosialisasi seperti ini penting agar masyarakat memiliki pemahaman yang sama terhadap bagaimana menjaga keutuhan wilayah NKRI.

4. Menjaga Kebersihan dan Kelestarian Lingkungan

Menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan juga mencakup dalam pelestarian NKRI. Bencana lingkungan seperti banjir, longsor, dan kebakaran hutan dapat mengganggu stabilitas dan keberlangsungan hidup masyarakat.

5. Menggali dan Melestarikan Budaya Lokal

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah menggali dan melestarikan kebudayaan lokal. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan rasa memiliki terhadap NKRI.

Setiap individu memiliki peran dan kontribusi dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI. Berbagai kegiatan di atas merupakan contoh kecil tentang bagaimana masyarakat dapat menjaga dan melestarikan NKRI. Selain itu, pendekatan lain seperti promosi toleransi, demokrasi, pendidikan inklusif dan multikultural juga perlu dilakukan untuk semakin memperkuat keberagaman dan keutuhan NKRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *