Diskusi

Teknik Memberikan Tongkat Dimana Si Penerima Tongkat Tidak Melihat Ke Belakang Disebut Sebagai Metode…?

×

Teknik Memberikan Tongkat Dimana Si Penerima Tongkat Tidak Melihat Ke Belakang Disebut Sebagai Metode…?

Sebarkan artikel ini

Berlari estafet merupakan salah satu jenis lomba atletik yang menuntut kerjasama tim yang baik dan keterampilan mengoper tongkat dengan cepat dan tepat. Ada berbagai teknik yang digunakan dalam pengoperan tongkat dalam lomba estafet, dan salah satu teknik tertentu sering menjadi pertanyaan, yaitu teknik memberikan tongkat di mana si penerima tongkat tidak melihat ke belakang. Teknik ini dikenal sebagai metode “upsweep” atau “blind pass”.

Metode “Blind Pass”

Metode ini, seperti namanya, melibatkan si penerima tongkat berlari tanpa perlu melihat ke belakang. Ini berguna karena memungkinkan si penerima berlari dengan kecepatan penuh tanpa kehilangan momentum karena harus melihat ke belakang. Babaatan ini memberikan keuntungan dalam hal kecepatan.

Teknik ini menuntut koordinasi yang baik antara dua pelari karena membutuhkan timing yang tepat. Si pemberi tongkat biasanya akan memegang tongkat pada bagian paling bawah dan pemberian tongkat diarahkan ke tangan atas pelari penerima.

Untuk memastikan kesuksesan metode “Blind Pass”, ada latihan spesifik yang bisa dilakukan:

Drill

Salah satu metode untuk melatih ini adalah melakukan simulasi lomba. Dalam penyiapan, si pemberi tongkat dapat berlari cepat beberapa langkah di belakang si penerima tongkat, kemudian meluncurkan tongkat ke tangan si penerima. Tujuannya adalah agar si pemberi dan penerima tongkat dapat berlatih melibatkan momentum dan timing pengoperan tongkat.

Pentingnya Komunikasi

Untuk menghindari kekeliruan dalam metode “Blind Pass”, komunikasi antara si pemberi dan penerima tongkat sangat penting. Biasanya, si pemberi akan berteriak atau memberikan sinyal tertentu ketika sudah siap untuk menyampaikan tongkat. Sinyal ini harus jelas dan konsisten selama lomba.

Membaikkan teknik ini membutuhkan waktu dan praktik, tetapi manfaatnya dapat menghasilkan lomba estafet yang lebih cepat dan lebih lancar.

Implementasi Metode “Blind Pass”

Terlepas dari kompleksitasnya, metode “Blind Pass” telah digunakan dalam banyak kompetisi atletik profesional, termasuk Olimpiade. Dengan koordinasi dan kerjasama tim yang baik, teknik ini dapat membantu tim estafet mencapai kecepatan maksimal dan waktu terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *