Sosial

Kecintaan dan Keikhlasan Kaum Anshar yang Membantu Kaum Muhajirin, Allah Abadikan dalam Alquran Surat…

×

Kecintaan dan Keikhlasan Kaum Anshar yang Membantu Kaum Muhajirin, Allah Abadikan dalam Alquran Surat…

Sebarkan artikel ini

Dalam sejarah Islam, kaum Anshar dan Muhajirin adalah dua kelompok penting yang memainkan peran besar dalam perkembangan awal komunitas Muslim. Kaum Anshar, yang merupakan penghuni asli Madinah, terkenal dengan kebaikan dan keikhlasan mereka dalam membantu kaum Muhajirin yang merupakan imigran Muslim dari Mekah. Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengabadikan peristiwa ini dalam sebuah surat di Alquran, yaitu Surat Al-Hashr ayat 9.

Surat Al-Hashr adalah surat ke-59 dalam urutan mushaf Alquran. Dalam ayat ke-9 surat ini, Allah SWT memuji kaum Anshar yang telah berbagi harta dan rumah mereka dengan kaum Muhajirin, meski mereka sendiri membutuhkan. Allah berfirman:

Dan (juga) orang-orang yang sebelum mereka, telah menempati (Madinah) dan beriman, mereka mencintai orang yang berhijrah kepadanya, dan mereka tiada menaruh dalam dada keinginan dari apa yang diberi kepada mereka (Muhajirin), dan mereka mengutamakan (Muhajirin) atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam keadaan kekurangan. Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al-Hashr:9)

Perilaku kaum Anshar ini digambarkan dalam konteks aihsan (kebaikan) dan ikhlas (keikhlasan). Hubungan antara kaum Anshar dan Muhajirin ini menjadi contoh teladan dalam gotong-royong dan kerukunan umat dalam membantu satu sama lain. Bahkan, dalam kondisi paling sulit sekalipun, kaum Anshar menempatkan kebutuhan kaum Muhajirin di atas kebutuhan mereka sendiri.

Pengakuan dan pujian tersendiri dalam Alquran ini menekankan pentingnya nilai-nilai seperti kasih sayang, kerukunan, dan keikhlasan dalam konteks kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut sekaligus mengingatkan kita bahwa setiap tindakan kasih sayang dan keikhlasan yang kita lakukan tidak akan pernah sia-sia di hadapan Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *