Ilmu

Shalat Sunnah yang Mengiringi Shalat Fardhu, yang Dilakukan Sebelum Shalat Fardu Disebut Shalat Sunnah…?

×

Shalat Sunnah yang Mengiringi Shalat Fardhu, yang Dilakukan Sebelum Shalat Fardu Disebut Shalat Sunnah…?

Sebarkan artikel ini

Shafakat al-Islam (Perkumpulan Muslim) telah sepakat bahwa shalat sunnah memiliki peran penting dalam kehidupan seorang muslim. Salah satu jenis shalat sunnah yang dikenal adalah shalat sunnah yang dilakukan sebelum shalat fardhu. Apakah nama dari shalat sunnah ini?

Bahwa shalat sunnah yang dikerjakan sebelum shalat fardu disebut shalat sunnah rawatib.

Apa itu Shalat Sunnah Rawatib?

Shalat sunnah rawatib adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebelum dan setelah shalat fardhu. Shalat ini mendapatkan pujian dan anjuran yang tinggi dari Rasulullah SAW. Terdapat beberapa shalat rawatib yang dilakukan baik sebelum maupun setelah shalat fardhu, seperti sebelum shalat Dhuha, sebelum dan setelah shalat Dzuhur, setelah shalat Maghrib, dan sebelum dan setelah shalat Isya.

Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib

Rasulullah SAW bersabda:

Bagaimana jika kalian meninggalkan sunnahku? Sesungguhnya bagi pria dan wanita mukmin yang melaksanakan shalat fardhu, kemudian dia melaksanakan shalat 12 raka’at sunnah rawatib akan dibangunkan rumah di surga.

(Hadis Riwayat Muslim)

Dari hadis tersebut, kita bisa melihat betapa pentingnya melaksanakan shalat sunnah rawatib. Selain menjadi ajang melengkapi dan menyempurnakan shalat yang kurang sempurna, keutamaan shalat sunnah rawatib juga adalah mendapatkan rumah di surga.

Rincian Shalat Sunnah Rawatib

Berikut ini rincian lengkap dari shalat sunnah rawatib:

  • 2 Raka’at sebelum shalat Subuh
  • 4 Raka’at sebelum shalat Dzuhur dan 2 Raka’at setelahnya
  • 2 Raka’at setelah shalat Maghrib
  • 2 Raka’at setelah shalat Isya

Dengan melaksanakan shalat sunnah rawatib ini, seorang muslim tidak hanya mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat dan mendekatkan diri kepada Allah, tapi juga mendapatkan berbagai keutamaan dan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Diharapkan setiap muslim bisa memperbanyak amalan shalat sunnah, khususnya shalat sunnah rawatib, untuk mendapatkan keutamaan dan kebaikan dalam hidup ini dan di akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *