Sosial

Jelaskan bahwa UUD Negara Republik Indonesia 1945 memiliki kedudukan sebagai hukum tertinggi dan fundamental di Indonesia

×

Jelaskan bahwa UUD Negara Republik Indonesia 1945 memiliki kedudukan sebagai hukum tertinggi dan fundamental di Indonesia

Sebarkan artikel ini

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (UUD 1945) adalah konstitusi pertama yang pernah berlaku dalam sejarah Republik Indonesia. Selama periode sejarah politik di Indonesia, telah terjadi beberapa perubahan konstitusi. Namun, dalam setiap fase perubahan tersebut, UUD 1945 selalu kembali diakui dan dipulihkan sebagai hukum tertinggi di Indonesia.

Kedudukan UUD 1945

UUD 1945 memiliki kedudukan sebagai hukum tertinggi di Indonesia yang fungsinya sangat fundamental. Kedudukannya sebagai hukum tertinggi diartikan bahwa setiap hukum dan peraturan yang ada di Indonesia harus berada di bawah dan tunduk terhadap UUD 1945. Tidak ada satupun hukum atau regulasi yang boleh bertentangan dengan UUD 1945. Jika terdapat hukum atau aturan yang bertentangan, maka hukum dan aturan tersebut dapat dinyatakan tidak berlaku.

UUD 1945 Sebagai Hukum Fundamental

UUD 1945 juga dianggap sebagai hukum fundamental atau dasar negara ini. Hukum fundamental adalah hukum yang menjadi landasan atau basis terbentuknya sebuah negara dan sistem pemerintahannya. UUD 1945 sebagai hukum dasar negara mengandung nilai-nilai dasar yang menjadi prinsip dan karakter bangsa ini. Dalam konteks ini, UUD 1945 mengatur tentang struktur negara, hak dan kewajiban warga negara, serta berbagai prinsip demokrasi.

Dengan demikian, setiap kebijakan atau peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah di Indonesia harus selalu beracu pada UUD 1945. Kedudukan UUD 1945 ini juga diperteguh dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan bahwa Presiden tidak dapat mengeluarkan peraturan pemerintah sebagai pengganti undang-undang (Perppu) yang bertentangan dengan UUD 1945.

Kesimpulannya, UUD 1945 sebagai konstitusi pertama Indonesia menjadi hukum fundamental dan tertinggi yang mengatur segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Konstitusi ini menjadi pedoman bagi pemimpin dan warga negara dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mewujudkan negara Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Jadi, jawabannya apa? Secara sederhana, UUD 1945 memiliki kedudukan sebagai hukum tertinggi dan fundamental di Indonesia, dan semua hukum serta peraturan di negara ini harus tunduk dan beracu pada konstitusi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *