Budaya

Apa yang Terjadi Apabila Elektroskop Diberi Muatan Positif dan pada Kepala Elektroskop Didekatkan Muatan Positif?

×

Apa yang Terjadi Apabila Elektroskop Diberi Muatan Positif dan pada Kepala Elektroskop Didekatkan Muatan Positif?

Sebarkan artikel ini

Elektroskop adalah alat yang digunakan dalam fisika untuk mendeteksi dan mengukur elektrisitas statis atau muatan listrik. Muatan listrik itu sendiri bisa berupa muatan positif atau negatif. Maka, percobaan ini akan mencoba membahas apa yang terjadi apabila elektroskop diberi muatan positif dan pada kepala elektroskop didekatkan muatan positif.

Prosesi Pemuatan Elektroskop

Pertama-tama, kita harus memahami apa yang terjadi ketika suatu objek bermuatan positif didekatkan ke elektroskop. Saat sebuah objek bermuatan positif didekatkan ke elektroskop, elektron-elektron dalam elektroskop (yang bermuatan negatif) akan tertarik ke arah objek tersebut. Selanjutnya, elektroskop yang semula netral kini mempunyai muatan positif karena kehilangan beberapa elektron. Akibatnya, daun-daun elektroskop akan menjauh satu sama lain atau terdefleksi karena adanya gaya tolak menolak antara muatan sejenis.

Interaksi Antara Dua Muatan Positif

Sekarang, apa yang terjadi apabila pada elektroskop yang telah bermuatan positif ini, didekatkan sebuah muatan positif lainnya? Berdasarkan hukum Coulomb, dua muatan sejenis akan saling menolak. Jadi, daun-daun elektroskop yang telah terdefleksi tadi akan mengalami defleksi lebih lanjut. Ini disebabkan oleh adanya gaya tolak menolak yang lebih besar antara daun-daun elektroskop yang bermuatan positif dan muatan positif yang didekatkan.

Dalam kata lain, peningkatan defleksi pada daun-daun elektroskop menunjukkan peningkatan muatan positif di dalam elektroskop. Sejatinya, ini membantu kita mencerna bahwa muatan listrik tidak hanya dapat dideteksi, tetapi juga dapat diukur menggunakan elektroskop.

Namun, perlu diingat bahwa peningkatan defleksi ini hanya bersifat sementara. Ketika muatan positif yang didekatkan dijauhkan lagi, daun-daun elektroskop akan kembali ke defleksi sebelumnya (sebanding dengan muatan positif di elektroskop).

Kesimpulan

Maka dari itu, jika elektroskop yang telah bermuatan positif didekatkan dengan benda yang juga bermuatan positif, daun-daun elektroskop akan mengalami defleksi yang lebih besar. Hal ini disebabkan adanya gaya tolak-menolak antara dua muatan yang sejenis. Jadi, jawabannya apa? Ketika elektroskop bermuatan positif didekatkan benda bermuatan positif, akan terjadi peningkatan defleksi pada daun-daun elektroskop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *