Sekolah

Siti Tinggal Bersama Ayah dan Ibunya serta Kedua Adiknya: Jumlah Zakat Fitrah yang Mereka Bayarkan Adalah

×

Siti Tinggal Bersama Ayah dan Ibunya serta Kedua Adiknya: Jumlah Zakat Fitrah yang Mereka Bayarkan Adalah

Sebarkan artikel ini

Di saat Ramadan tiba sebagai umat Islam, umat diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah sebagai bentuk ibadah dan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Zakat fitrah merupakan salah satu amalan yang diwajibkan bagi setiap Muslim yang mampu dan didasarkan pada jumlah anggota keluarga. Berikut ini kita akan membahas tentang berapa jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan oleh Siti beserta keluarganya.

Siti tinggal bersama ayah dan ibunya. Selain itu, ia juga tinggal dengan kedua adiknya. Dalam hal ini, terdapat 5 anggota dalam keluarga Siti, yaitu:

  1. Siti
  2. Ayah Siti
  3. Ibu Siti
  4. Adik pertama Siti
  5. Adik kedua Siti

Zakat fitrah dihitung berdasarkan masing-masing anggota keluarga dengan menggunakan satuan ukuran sa’ (sebuah ukuran yang digunakan di zaman Rasulullah SAW untuk mengukur makanan pokok). Saat ini, satuan sa’ sering dijadikan sebanding dengan berat 2,5 kilogram atau 3,5 liter. Zakat fitrah yang dikeluarkan biasanya berupa bahan pangan pokok seperti beras, jagung, atau gandum. Contohnya, jika menggunakan beras, maka untuk satu orang zakat fitrah adalah 2,5 kilogram.

Untuk menghitung jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan oleh keluarga Siti, kita tinggal mengalikan 2,5 kilogram (untuk satu zakat fitrah) dengan jumlah anggota keluarga, yakni 5 orang:

2,5 kg x 5 = 12,5 kg

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa Siti beserta keluarganya wajib menunaikan zakat fitrah dengan total 12,5 kilogram beras. Dalam hal ini, zakat fitrah perlu disalurkan kepada orang yang berhak menerima, seperti fakir miskin, agar bisa merasakan kebahagiaan di hari raya.

Jadi, jawabannya apa? Jumlah zakat fitrah yang harus mereka bayarkan adalah 12,5 kilogram beras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *