Ilmu

Apa Ide-Ide Kreatif Pembelajaran Numerasi Berbasis Alat Non Elektronik yang Dapat Ibu dan Bapak Terapkan?

×

Apa Ide-Ide Kreatif Pembelajaran Numerasi Berbasis Alat Non Elektronik yang Dapat Ibu dan Bapak Terapkan?

Sebarkan artikel ini

Numerasi adalah kemampuan dasar seseorang dalam melakukan operasi matematika sederhana serta memahami informasi yang disajikan dalam format angka. Memiliki keterampilan numerasi yang baik sangat penting bagi perkembangan anak-anak. Bagaimanapun, mengajarkan numerasi kepada anak-anak bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam era digital ini, di mana penggunaan alat elektronik, seperti komputer dan tablet menjadi norma.

Meskipun begitu, ada banyak metode pembelajaran numerasi berbasis alat non elektronik yang kreatif dan menyenangkan yang dapat diaplikasikan oleh orang tua. Sebagai langkah awal, penting untuk membuat proses pembelajaran tersebut menjadi menarik dan interaktif untuk memotivasi minat belajar anak-anak. Berikut beberapa ide kreatifnya.

1. Menggunakan Mainan

Mainan seperti balok atau lego dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan konsep numerasi. Sebagai contoh, orang tua dapat meminta anak untuk mengumpulkan sejumlah benda atau membangunnya menjadi bentuk tertentu. Mainan edukatif ini tidak hanya membantu anak-anak memahami konsep numerasi, tetapi juga melatih keterampilan motorik mereka.

2. Permainan Papan

Permainan papan seperti ular tangga atau monopoli merupakan sumber belajar yang bagus untuk mengajarkan keterampilan hitung menghitung. Anak dapat belajar mendapatkan giliran, menghitung jumlah langkah dan berpikir strategis.

3. Buku Menggambar dan Mewarnai

Buku menggambar dan mewarnai dapat dikombinasikan dengan aktivitas numerasi. Orang tua dapat meminta anak mewarnai sejumlah benda yang sudah digambar, sebagai contoh, “Warnai tiga bunga ini dengan warna merah”.

4. Aktivitas di Dapur

Aktivitas sehari-hari di dapur juga bisa menjadi media pembelajaran numerasi. Membagi resep, mengukur bahan, menghitung waktu masak adalah beberapa contoh aktivitas yang bisa dilakukan.

5. Alat Sederhana

Benda-benda sederhana sehari-hari juga dapat membantu anak dalam belajar numerasi. Sekelompok pensil, buku, atau batu dapat digunakan untuk menghitung, menambah, dan mengurangi.

Dengan menerapkan ide-ide kreatif ini, pembelajaran numerasi berbasis alat non-elektronik dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi anak-anak. Terlebih, proses belajar pun menjadi lebih interaktif dan terhindar dari radiasi alat elektronik. Jadi, jawabannya apa? Anak dapat belajar numerasi dengan cara yang menyenangkan dan kreatif menggunakan berbagai metode yang melibatkan alat sederhana dan aktivitas sehari-hari. Jadi kendala penggunaan alat elektronik bisa diatasi dengan cara ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *