Diskusi

Diantara Pernyataan Berikut ini yang Tidak Benar Tentang Daerah dan Hewan Oriental di Indonesia Adalah

×

Diantara Pernyataan Berikut ini yang Tidak Benar Tentang Daerah dan Hewan Oriental di Indonesia Adalah

Sebarkan artikel ini

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Keberadaan berbagai macam spesies hewan dan tumbuhan membuat Indonesia memiliki daya tarik tersendiri di mata dunia. Salah satu aspek keanekaragaman ini adalah keberadaan hewan-hewan oriental yang hidup dan berkembang di beberapa daerah di Indonesia.

Berikut ini beberapa pernyataan mengenai daerah dan hewan oriental di Indonesia. Di antara pernyataan ini, terdapat beberapa yang tidak benar.

  1. Semua hewan oriental di Indonesia hanya ditemukan di Pulau Jawa.

    Salah satu keanekaragaman hewan Indonesia adalah hewan oriental. Namun demikian, ini bukan berarti semua hewan oriental hanya ditemukan di Pulau Jawa. Sejatinya, hewan oriental dapat ditemui di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, dan pulau-pulau lainnya.

  2. Zona Oriental meliputi sebagian besar wilayah Indonesia.

    Zona Oriental sebenarnya meliputi wilayah Asia Tenggara, sebagian besar wilayah Indonesia, dan beberapa bagian dari Australia. Maka, benar bahwa Indonesia termasuk dalam wilayah zona oriental.

  3. Hanya amat sedikit hewan oriental yang tersisa di Indonesia.

    Ingat bahwa Indonesia memiliki berbagai macam habitat dan ekosistem yang mendukung kehidupan berbagai spesies hewan oriental. Kendati demikian, pernyataan mengenai jumlah hewan oriental di Indonesia yang sedikit tidaklah benar. Meski ada beberapa spesies yang terancam punah, masih banyak hewan oriental yang hidup dan berkembang di Indonesia.

  4. Harimau Sumatera dan Orangutan adalah hewan oriental yang hidup di Indonesia.

    Harimau Sumatera dan Orangutan adalah dua contoh hewan asli Indonesia yang merupakan bagian dari hewan oriental. Kedua hewan ini turut berkontribusi dalam keanekaragaman hayati di Indonesia.

Dengan demikian, pernyataan yang tidak benar di antara pernyataan berikut ini mengenai daerah dan hewan oriental di Indonesia adalah pernyataan pertama dan ketiga. Yakni, tidak benar jika semua hewan oriental hanya ditemukan di Pulau Jawa dan jumlah hewan oriental di Indonesia amat sedikit.

Jadi, jawabannya apa? Jawabannya adalah pernyataan pertama dan ketiga adalah pernyataan yang tidak benar mengenai daerah dan hewan oriental di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *