Ilmu

Zat Cair yang Cocok Digunakan untuk Mengisi Termometer untuk Mengukur Suhu yang Sangat Rendah adalah

×

Zat Cair yang Cocok Digunakan untuk Mengisi Termometer untuk Mengukur Suhu yang Sangat Rendah adalah

Sebarkan artikel ini

Termometer adalah salah satu alat paling umum yang digunakan untuk mengukur suhu. Dalam penggunaannya yang luas, ada berbagai versi termometer yang dirancang khusus untuk berbagai macam lingkungan suhu, mulai dari sangat panas hingga sangat dingin. Bagi kita yang baru mengenal dunia ilmu pengetahuan ini, pertanyaan yang sering muncul di pikiran mungkin adalah, “zat cair apa yang dapat digunakan untuk mengisi termometer untuk mengukur suhu yang sangat rendah?”

Secara historis, merkuri digunakan sebagai media dalam termometer yang paling banyak digunakan, termometer raksa. Namun, merkuri menjadi pilihan yang kurang ideal ketika datang ke lingkungan suhu yang sangat rendah – di bawah titik beku merkuri, yang sekitar -39 derajat Celsius. Jadi, zat cair apa yang dapat digunakan sebagai alternatif?

Alkohol

Salah satu zat cair yang dapat digunakan dalam termometer untuk mengukur suhu yang sangat rendah adalah alkohol. Liguid alkohol dikenal sebagai bahan pengisi termometer yang sangat efisien untuk lingkungan dingin. Ethanol, contoh umum alkohol yang digunakan, dapat bekerja efektif hingga -115 derajat celsius, menjadikannya pilihan yang baik untuk lingkungan dengan suhu rendah.

Helium Superfluid

Dalam kondisi ekstrem yang lebih dingin, para peneliti mengandalkan teknologi yang lebih canggih. Dalam suhu yang mendekati absolut nol (-273.15 derajat celsius), zat yang disebut helium superfluid menjadi pilihan yang ideal. Helium superfluidisitas adalah bentuk helium cair yang memiliki fenomena fisika unik, seperti kemampuan untuk mengalir tanpa gesekan. Ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengukur suhu yang sangat rendah, sering digunakan dalam penelitian ilmiah.

Namun, baik alkohol maupun helium superfluid, penggunaannya dalam termometer sangat bergantung kepada lingkungan tempat termometer tersebut digunakan. Alkohol biasanya cukup untuk penggunaan sehari-hari atau dalam keadaan suhu rendah, sementara helium superfluid digunakan dalam penelitian dan aplikasi ilmu fisika yang kompleks.

Jadi, jawabannya apa? Alkohol (spesifiknya Ethanol) dan Helium Superfluid merupakan zat cair yang cocok dan biasa digunakan untuk mengisi termometer untuk mengukur suhu yang sangat rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *