Budaya

Kamu Sedang Membuat Sebuah Persegi Menggunakan Kawat Sepanjang 64 cm, Berapakah Panjang Sisinya?

×

Kamu Sedang Membuat Sebuah Persegi Menggunakan Kawat Sepanjang 64 cm, Berapakah Panjang Sisinya?

Sebarkan artikel ini

Sebuah persegi adalah bentuk geometri dua dimensi yang memiliki empat sisi yang sama panjang. Jadi, jika kita memperhatikan sifat-sifat ini dengan lebih detail, kita dapat menggunakan fakta-fakta ini untuk memecahkan berbagai masalah, termasuk menentukan panjang sisi persegi jika kita tahu panjang total kawat yang digunakan.

Konsep Persegi

Sebelum kita mulai, mari kita memahami konsep persegi. Persegi adalah bentuk yang memiliki empat sisi yang sama. Dalam matematika, kita menyebut keempat sisi ini sebagai “sisi” dan ketika kita menjumlahkan panjang keempat-empat sisi ini, kita mendapatkan sesuatu yang disebut keliling.

Menghitung Panjang Sisi Persegi

Jika kamu sedang membuat sebuah persegi menggunakan kawat sepanjang 64 cm, panjang setiap sisi bisa dihitung dengan cara membagi panjang total kawat (keliling persegi) dengan jumlah sisi. Dalam hal ini, karena persegi memiliki empat sisi, maka kita dapat membagi 64 cm dengan 4.

Mathematically speaking, it looks like this:

Panjang Sisi = Keliling Persegi / Jumlah Sisi

In our case, it will be:

Panjang Sisi = 64 cm / 4

Penyelesaian

Menggunakan rumus di atas, dapat dihitung panjang sisi persegi tersebut.

Panjang Sisi = 16 cm

Oleh karena itu, jika kamu ingin membuat sebuah persegi dengan kawat sepanjang 64 cm, maka panjang sisi persegi tersebut haruslah 16 cm.

Kesimpulan

Matematika memberi kita alat yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah di dunia nyata. Jadi, jika kamu ada di garasi dan memutuskan untuk membuat sebuah persegi dari kawat sepanjang 64 cm, kamu sekarang tahu bahwa masing-masing sisi harus memiliki panjang 16 cm. Selamat berkreasi dengan matematika!

Jadi, jawabannya apa?

Jadi, jika kamu sedang membuat sebuah persegi dari kawat sepanjang 64 cm, panjang setiap sisinya adalah 16 cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *