Ilmu

Pernyataan Berikut Terkait Dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak STPPA Kecuali

×

Pernyataan Berikut Terkait Dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak STPPA Kecuali

Sebarkan artikel ini

Sebelum memulai pembahasan, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu STPPA. STPPA merupakan singkatan dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, merupakan sebuah standar yang digunakan sebagai pedoman dalam melihat dan memantau tingkat perkembangan anak. Melalui STPPA, kita dapat melihat apakah perkembangan anak sudah sesuai dengan yang diharapkan untuk usianya, atau apakah ada kemunduran atau perkembangan yang lebih cepat dari biasanya.

Ada beberapa pernyataan yang terkait dengan standar ini. Akan tetapi, tidak semua pernyataan memang benar-benar berhubungan langsung dengannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa pernyataan yang sering disalahpahami sebagai bagian dari STPPA.

  1. “STPPA menilai perkembangan anak berdasarkan tingkah lakunya.” – Ini benar. Dalam STPPA, kita melihat berbagai aspek dari tingkat perkembangan anak, termasuk tingkah laku mereka. Apakah mereka sudah bisa berinteraksi dengan orang lain dengan baik? Apakah mereka sudah bisa memegang barang dengan baik? Semua hal ini dipantau dalam STPPA.
  2. “STPPA memperhitungkan faktor eksternal dalam penilaian perkembangan anak.” – Ini juga benar. Dalam STPPA, selain melihat perkembangan anak, kita juga memperhitungkan faktor eksternal yang bisa mempengaruhi perkembangan tersebut. Apakah mereka mendapatkan nutrisi yang cukup? Apakah lingkungan mereka mendukung perkembangan mereka?
  3. “STPPA menilai keterampilan motorik anak.” – Ini adalah fakta. STPPA melihat sejauh mana anak telah mengembangkan keterampilan motorik mereka, baik itu motorik kasar maupun motorik halus.
  4. “STPPA hanya relevan untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun.” – Ini adalah pernyataan yang tidak benar dan bukan merupakan bagian dari prinsip dan filosofi STPPA. Faktanya adalah, STPPA relevan untuk semua anak, terlepas dari usia mereka. Meski seringkali fokus pada anak-anak di bawah 5 tahun, STPPA juga relevan dan bermanfaat untuk anak-anak di atas usia tersebut. Karena perkembangan anak adalah proses yang terus berlangsung dan berkesinambungan, jadi tidak ada batas usia spesifik untuk menggunakan STPPA.

Jadi, perlu kita sadari bahwa STPPA adalah sebuah standar yang kompleks dan komprehensif, yang mencakup banyak aspek dari perkembangan anak. Namun, tidak semua pernyataan tentang STPPA adalah benar, dan kita harus berhati-hati dalam menyampaikan dan memahami informasi tentangnya.

Jadi, jawabannya apa? Pernyataan “STPPA hanya relevan untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun” adalah pernyataan yang tidak terkait dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak STPPA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *