Diskusi

Dibawah ini yang tidak termasuk faktor faktor penyebab perlawanan ternate terhadap portugis

×

Dibawah ini yang tidak termasuk faktor faktor penyebab perlawanan ternate terhadap portugis

Sebarkan artikel ini

Sebagai salah satu kerajaan yang memiliki peran penting dalam sejarah Nusantara, Kerajaan Ternate banyak menghadapi berbagai perlawanan dengan bangsa Eropa, salah satunya adalah Portugis. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perlawanan Ternate terhadap Portugis, namun berikut ini merupakan faktor-faktor yang tidak termasuk dalam penyebab perlawanan tersebut:

  1. Perbedaan Budaya: Walaupun perbedaan budaya dalam beberapa kasus dapat memicu konflik, dalam konteks perlawanan Ternate terhadap Portugis, perbedaan budaya bukan menjadi penyebab utama. Selama masa interaksi kedua belah pihak, baik Ternate maupun Portugis saling menghargai dan menghormati budaya masing-masing.
  2. Perdagangan: Kedatangan Portugis ke Ternate yang pada awalnya bermotif perdagangan dan mencari sumber kekayaan alam seperti rempah-rempah, pada umumnya tidak menimbulkan konflik. Hal ini dikarenakan Kerajaan Ternate pun menginginkan terciptanya hubungan dagang dengan Portugis agar ekonomi kerajaan semakin berkembang. Oleh karena itu, perdagangan bukan menjadi faktor yang memicu perlawanan.
  3. Kehadiran Misionaris: Walaupun kehadiran misionaris Portugis yang datang untuk menyebarkan agama Kristen di Nusantara sempat menimbulkan ketegangan, namun hal ini bukanlah penyebab utama dari perlawanan Ternate. Pada kenyataannya, masyarakat Ternate cukup toleran dan menghormati keyakinan serta kepercayaan masing-masing.
  4. Prestise Ternate: Pada masa itu, Ternate merupakan salah satu kerajaan yang memiliki kekuatan dan kekayaan yang cukup besar di Nusantara. Oleh karena itu, kerajaan ini memiliki prestise yang tinggi di antara kerajaan-kerajaan lainnya. Namun, prestise Ternate bukan merupakan alasan bagi mereka untuk melakukan perlawanan terhadap Portugis, melainkan demi mempertahankan kedaulatan dan kepentingan kerajaan.

Dari pemaparan di atas, jelas bahwa ada beberapa faktor yang sebenarnya tidak termasuk dalam penyebab perlawanan Ternate terhadap Portugis. Faktor-faktor ini sebenarnya menjadi dasar bagi hubungan baik antara kedua belah pihak pada awalnya.

Jadi, jawabannya apa? Faktor-faktor di atas tidak termasuk sebagai penyebab perlawanan Ternate terhadap Portugis. Perlawanan tersebut lebih disebabkan oleh upaya Portugis untuk mengendalikan perdagangan rempah dan menyebabkan rasa ketidakpuasan dari Kerajaan Ternate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *