Sekolah

Dalam Sebuah Bus yang telah Penuh Tempat Duduknya, Terdapat 7 Orang yang Berdiri. Jika pada Halte Selanjutnya ada 14 Orang yang Turun dan Ada Pula 6 Orang yang Naik, berapakah Tempat Duduk yang Kosong Bila Semua Penumpang telah Duduk?

×

Dalam Sebuah Bus yang telah Penuh Tempat Duduknya, Terdapat 7 Orang yang Berdiri. Jika pada Halte Selanjutnya ada 14 Orang yang Turun dan Ada Pula 6 Orang yang Naik, berapakah Tempat Duduk yang Kosong Bila Semua Penumpang telah Duduk?

Sebarkan artikel ini

Hiruk pikuk kehidupan kota bisa kita lihat melalui cerminan kehidupan di dalam sebuah bus. Benda beroda empat ini menjadi sarana transportasi utama bagi banyak orang. Penuh dan padat penumpangnya merupakan situasi yang biasa dihadapi. Untuk memahami ini lebih lanjut, mari bayangkan kondisi berikut: dalam sebuah bus yang sudah penuh tempat duduknya, terdapat 7 orang yang masih berdiri. Lalu tiba di halte selanjutnya, ada perubahan jumlah penumpang, ada 14 orang turun dan ada pula 6 orang yang naik. Berapakah tempat duduk yang kosong bila semua penumpang telah duduk?

Bus penuh penumpang ini mengembara dari satu titik ke titik lain. Pada awal perjalanan, semua kursi telah terisi dan masih ada 7 orang yang harus berdiri. Ketika bus tiba di halte selanjutnya, ada beberapa penumpang yang memutuskan untuk turun. Sejumlah 14 orang tentu saja membuat suasana di dalam bus menjadi lebih lega. Namun, halte juga merupakan titik di mana penumpang baru naik, dan kali ini sebanyak 6 orang memutuskan untuk bergabung dalam perjalanan.

Untuk menghitung jumlah kursi kosong setelah semua perubahan ini, kita harus melakukan beberapa langkah perhitungan. Pertama, kita perlu mempertimbangkan 14 orang yang turun dari bus. Dengan adanya penumpang yang turun, bus akan memiliki jumlah penumpang yang berkurang. Kedua, tambahkan 6 penumpang baru, sehingga penurunan jumlah penumpang tidak sebanyak itu. Dengan kata lain, perjalanan bus kini memiliki 8 (14-6) penumpang lebih sedikit.

Selanjutnya, jika kita ingat, pada awal perjalanan bus ini memiliki 7 penumpang yang berdiri. Mengingat sekarang ada 8 tempat kosong (dari penurunan jumlah penumpang), berarti semua penumpang yang dulunya berdiri akan mendapatkan tempat duduk. Bahkan, masih ada sisa satu tempat duduk yang kosong setelah semua penumpang duduk.

Jadi, tempat duduk yang kosong bila semua penumpang telah duduk adalah satu. Hal ini merupakan hasil dari dinamika naik turun penumpang di sebuah halte. Bagaimana penumpang baru akan berperilaku ketika tiba di halte berikutnya? Bagaimana dinamika penumpang dapat mempengaruhi keadaan di dalam bus? Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan hal yang menarik untuk diamati dan dipelajari.

Jadi, Jawabannya Apa?

Dengan mempertimbangkan semua penumpang yang naik dan turun, serta penumpang yang berdiri sebelumnya, maka tempat duduk yang kosong setelah semua penumpang duduk adalah satu. Itulah jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *