Ilmu

Andre, Salah Satu Personil Toko Alfamart Melakukan Ekstraksi Kopi Espresso. Setelah Dicoba oleh Personil Lainnya, Ternyata Rasanya Sangat Pahit. Apabila Kesalahan yang Dilakukan Andre Berkaitan dengan Waktu Ekstraksi Kopi, Maka Berapakah Kemungkinan Waktu yang Diatur Andre untuk Melakukan Ekstraksi?

×

Andre, Salah Satu Personil Toko Alfamart Melakukan Ekstraksi Kopi Espresso. Setelah Dicoba oleh Personil Lainnya, Ternyata Rasanya Sangat Pahit. Apabila Kesalahan yang Dilakukan Andre Berkaitan dengan Waktu Ekstraksi Kopi, Maka Berapakah Kemungkinan Waktu yang Diatur Andre untuk Melakukan Ekstraksi?

Sebarkan artikel ini

Kopi espresso merupakan salah satu jenis minuman kopi yang sangat populer dan banyak dijual di berbagai gerai minuman. Ekstraksi kopi espresso yang baik sangat mempengaruhi rasanya ketika diminum. Salah satu faktor yang sangat krusial dalam ekstraksi kopi espresso adalah waktu ektraksi. Waktu ekstraksi yang pas akan menghasilkan rasa espresso yang lebih seimbang dan enak, sedangkan waktu ekstraksi yang kurang baik akan menghasilkan rasa espresso yang pahit.

Pada kasus yang dialami Andre, kemungkinan besar waktu ekstraksi yang diatur pada mesin terlalu lama. Mari kita bahas lebih lengkap mengenai waktu ekstraksi yang ideal dan bagaimana mengatur waktu ekstraksi yang tepat.

Waktu Ekstraksi yang Ideal untuk Kopi Espresso

Waktu ekstraksi yang ideal untuk menciptakan rasa kopi espresso yang enak dan seimbang berkisar antara 25 hingga 30 detik. Dalam waktu tersebut, air panas akan melewati kopi yang sudah digiling dan mengekstrak rasa serta aroma kopi tersebut. Jika waktu ekstraksinya terlalu singkat, kurang dari 25 detik, maka rasanya bisa menjadi terlalu asam. Sedangkan jika waktu ekstraksinya terlalu lama, lebih dari 30 detik, rasa pada kopi espresso akan menjadi sangat pahit.

Di sisi lain, jika waktu ekstraksi terlalu singkat, maka tidak semua bahan dalam gilingan kopi akan terbawa oleh air, sehingga rasanya tidak optimal. Aturan “25-30 detik” ini berlaku untuk dosis kopi sekitar 18-20 gram dan hasil ekstraksi kopi sekitar 36-40 gram.

Kemungkinan Waktu Ekstraksi yang Dilakukan Andre

Berdasarkan keterangan bahwa hasil kopi espresso yang dibuat oleh Andre memiliki rasa yang sangat pahit, besar kemungkinan waktu ekstraksi yang diatur oleh Andre lebih dari 30 detik. Waktu ekstraksi yang terlalu lama membuat air terus melewati kopi dan mengambil lebih banyak rasa pahit dari gilingan kopi, sehingga kopi espresso yang dihasilkan pun memiliki rasa yang tidak diinginkan.

Agar hasil kopi espresso yang dihasilkan lebih baik dan memiliki rasa yang seimbang, Andre sebaiknya menyesuaikan waktu ekstraksi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur grind size atau ukuran gilingan kopi yang digunakan. Jika ukuran gilingan kopi sebelumnya terlalu halus, maka air akan lebih sulit melewati kopi dan waktu ekstraksinya menjadi lebih lama. Dengan mengatur ukuran gilingan kopi yang lebih kasar, waktu ekstraksi bisa dikurangi dan hasil kopi espresso yang dihasilkan akan lebih baik.

Kesimpulannya, kemungkinan waktu ekstraksi yang diatur oleh Andre lebih dari 30 detik, sehingga menghasilkan kopi espresso yang sangat pahit. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur ulang waktu ekstraksi dan menggiling biji kopi dengan ukuran gilingan yang lebih kasar. Dengan begitu, kopi espresso yang dihasilkan akan memiliki rasa yang lebih seimbang dan enak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *