Budaya

Dua Buah Kawat Panjang Lurus Sejajar Terpisah Pada Jarak 12 cm. Kawat Pertama Dialiri Arus 4 A Kawat Kedua 6A. Tentukan Besar Induksi Magnet Pada Titik Yang Berada Di Antara Dua Kawat Tersebut Dan Berjarak 4 cm Dari Kawat Pertama

×

Dua Buah Kawat Panjang Lurus Sejajar Terpisah Pada Jarak 12 cm. Kawat Pertama Dialiri Arus 4 A Kawat Kedua 6A. Tentukan Besar Induksi Magnet Pada Titik Yang Berada Di Antara Dua Kawat Tersebut Dan Berjarak 4 cm Dari Kawat Pertama

Sebarkan artikel ini

Dalam ilmu fisika, khususnya elektromagnetisme, menjelaskan bahwa arus listrik yang mengalir melalui suatu konduktor akan menimbulkan medan magnet di sekitarnya. Pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan dua buah kawat panjang lurus sejajar yang terpisah pada jarak 12 cm. Dalam hal ini, kawat pertama dialiri arus 4 A dan kawat kedua 6 A. Pertanyaan yang diajukan adalah “Berapa besar induksi magnet di titik yang berada di antara dua kawat tersebut dan berjarak 4 cm dari kawat pertama?”

Untuk mencari nilai induksi magnet, kita dapat menggunakan hukum Ampere yang menyatakan bahwa medan magnetik di sekeliling konduktor berbanding lurus dengan arus listrik yang mengalir di dalam konduktor tersebut. Rumus hukum Ampere adalah B = μ0.I/(2.π.r), dimana B adalah medan magnet, I adalah arus listrik, r adalah jarak, dan μ0 adalah permeabilitas magnetik ruang hampa (4π x 10^-7 T.m/A).

Apabila dilihat dari posisi titik yang diminta, titik tersebut berada 4 cm dari kawat pertama dan 8 cm dari kawat kedua (karena jarak total antara dua kawat adalah 12 cm).

Maka induksi magnet di titik tersebut merupakan jumlah dari induksi magnet dari kawat pertama dan kedua. Induksi magnet dari kawat pertama akan berlawanan arah dengan induksi magnet dari kawat kedua. Oleh karena itu, kita perlu mengurangi induksi magnet kedua dari induksi magnet pertama.

Induksi magnet dari kawat pertama (B1) adalah B1 = μ0.I1/(2.π.r1) = (4π x 10^-7 T.m/A x 4 A)/(2π x 0.04 m) = 2 x 10^-5 T.

Induksi magnet dari kawat kedua (B2) adalah B2 = μ0.I2/(2.π.r2) = (4π x 10^-7 T.m/A x 6 A)/(2π x 0.08 m) = 1.5 x 10^-5 T.

Maka induksi magnet di titik tersebut adalah B = B1 – B2 = 2 x 10^-5 T – 1.5 x 10^-5 T = 0.5 x 10^-5 T atau 5 x 10^-6 T.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa besar induksi magnet pada titik yang berada di antara dua kawat tersebut dan berjarak 4 cm dari kawat pertama adalah 5 x 10^-6 T.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *