Ilmu

Salah Satu Algoritma yang Digunakan untuk Mengurutkan Sebuah List dengan Cara Menyisipkan Elemen Satu Per Satu Sesuai dengan Urutan Besar Kecilnya Elemen Disebut Apa?

×

Salah Satu Algoritma yang Digunakan untuk Mengurutkan Sebuah List dengan Cara Menyisipkan Elemen Satu Per Satu Sesuai dengan Urutan Besar Kecilnya Elemen Disebut Apa?

Sebarkan artikel ini

Algorithm sorting merujuk pada metode pengaturan data dalam suatu urutan tertentu untuk membuat data lebih mudah dipahami dan dianalisis. Ada berbagai macam algoritma sorting seperti Bubble Sort, Selection Sort, QuickSort, dan sebagainya. Namun, jika kita membicarakan tentang suatu algoritma yang mengurutkan list dengan cara menyisipkan elemen satu per satu sesuai dengan urutan besar kecilnya, maka algoritma yang dimaksud adalah Insertion Sort.

Apa Itu Insertion Sort?

Insertion sort adalah algoritma pengurutan yang bekerja dengan cara mengambil elemen dari data dan menempatkannya pada posisi yang sesuai dalam bagian data yang sudah diurutkan.

Algoritma ini mirip dengan cara kita mengurutkan kartu bermain di tangan kita. Misalkan kita memegang beberapa kartu dan kita ingin mengurutkannya, kita akan memulai dari kartu kedua dan membandingkannya dengan kartu sebelumnya. Jika kartu kedua lebih kecil, kita akan menukar posisi mereka. Proses ini terus berlangsung, di mana kita memilih kartu, membandingkannya dengan semua kartu di tangan sebelah kiri, dan menukarnya jika perlu.

Bagaimana Algoritma Insertion Sort Bekerja?

Berikut adalah langkah-langkah dasar algoritma Insertion Sort:

  1. Mulai dengan elemen kedua, bandingkan elemen pertama dan elemen kedua dari list. Jika urutan tidak benar, tukar posisi mereka.
  2. Terus maju ke elemen berikutnya dan bandingkan dengan elemen-elemen sebelumnya. Letakkan elemen ini tepat di tempat di mana urutannya benar.
  3. Lanjutkan proses ini sampai seluruh list diurutkan.

Kelebihan dan Kekurangan Insertion Sort

Seperti setiap algoritma, Insertion sort juga memiliki kekurangan dan kelebihan:

Kelebihan

  • Algoritma ini mudah dipahami dan diimplementasikan.
  • Tidak memerlukan banyak ruang tambahan, yaitu memiliki kompleksitas ruang konstan.
  • Sangat efisien untuk list yang hampir diurutkan atau yang memiliki ukuran kecil.

Kekurangan

  • Tidak ideal untuk list berukuran besar karena kompleksitas waktunya adalah O(n^2), di mana n adalah jumlah elemen dalam list.

Secara keseluruhan, algoritma Insertion Sort adalah metode yang efisien dan efektif untuk urutan data yang lebih kecil dan hampir diurutkan. Namun, untuk data yang lebih besar, metode lain seperti QuickSort atau MergeSort dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *