Sosial

Kekuasaan Kehakiman Merupakan Kekuasaan yang Merdeka untuk Menyelenggarakan Peradilan guna Menegakkan Hukum dan Keadilan: Pernyataan tersebut adalah Bunyi Pasal

×

Kekuasaan Kehakiman Merupakan Kekuasaan yang Merdeka untuk Menyelenggarakan Peradilan guna Menegakkan Hukum dan Keadilan: Pernyataan tersebut adalah Bunyi Pasal

Sebarkan artikel ini

Kekuasaan Kehakiman memegang peran penting dalam kehidupan bernegara. Sesuai dengan pernyataan dalam judul, kekuasaan kehakiman di Indonesia adalah kekuasaan yang merdeka untuk menjalankan peradilan menurut hukum dan keadilan.

Pemahaman Kekuasaan Kehakiman

Kekuasaan kehakiman melibatkan peranan yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan di sebuah negara. Menurut Undang-Undang Dasar 1945, kekuasaan kehakiman mencakup satu kesatuan yang memiliki kekuasaan untuk menyidangkan perkara, mengadili, dan memutus suatu perkara yang dihadapkan ke dalam pengadilan.

Berdasarkan pasal 24B ayat (1) UUD 1945, dijelaskan bahwa “Kekuasaan Kehakiman ialah satu kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan”. Ini merupakan penegasan bahwa peradilan di Indonesia dilakukan secara merdeka atau bebas dari campur tangan kekuasaan lain.

Prinsip Kemerdekaan Kehakiman

Kemerdekaan kekuasaan kehakiman adalah landasan penting yang memungkinkan hakim untuk memutuskan suatu perkara berdasarkan hukum dan keadilan, tanpa tekanan atau campur tangan dari pihak manapun, termasuk kekuasaan eksekutif atau legislatif.

Kemerdekaan kekuasaan kehakiman ini agar tetap menyelenggarakan peradilan yang adil dan tidak memihak. Hal ini sebagai bentuk perlindungan dan penegakan hak asasi manusia, serta sebagai upaya penegakan supremasi hukum.

Kesimpulan

Pernyataan “Kekuasaan Kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan” adalah bunyi pasal 24B ayat (1) UUD 1945 dan menunjukkan bahwa kekuasaan kehakiman di Indonesia berada dalam posisi yang merdeka dan tidak dapat diintervensi oleh kekuasaan manapun. Kemerdekaan ini memberikan jaminan bahwa peradilan dijalankan secara adil menurut hukum dan keadilan serta mencegah segala bentuk penyelewengan kekuasaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *