Sosial

Diketahui Rasio Komposisi Kopi Alfamart adalah 70% Robusta dan 30% Arabica, Apabila Terdapat 35 Gram Kopi Robusta, maka Komposisi Kopi Arabica adalah…

×

Diketahui Rasio Komposisi Kopi Alfamart adalah 70% Robusta dan 30% Arabica, Apabila Terdapat 35 Gram Kopi Robusta, maka Komposisi Kopi Arabica adalah…

Sebarkan artikel ini

Kopi Alfamart merupakan jenis kopi yang populer di Indonesia. Salah satu hal yang membuat kopi ini disukai oleh banyak orang adalah karena rasanya yang khas. Rasa khas tersebut diperoleh dari rasio komposisi campuran biji kopi robusta dan arabica yang digunakan, yaitu 70% kopi robusta dan 30% kopi arabica. Dari keterangan ini, kita akan mencoba menentukan berapa komposisi kopi arabica yang dibutuhkan apabila kita memiliki 35 gram kopi robusta.

Langkah-langkah Menghitung Komposisi Kopi Arabica

  1. Tentukan jumlah seluruh kopi: Diketahui bahwa rasio komposisi kopi robusta dan arabica adalah 70:30. Maka, jumlah bagian dari campuran kopi tsb adalah 70 + 30 = 100 bagian.
  2. Tentukan jumlah bagian kopi robusta: Karena kita mempunyai 35 gram kopi robusta, kita tinggal mencari jumlah bagian yang diwakili oleh 35 gram tersebut dari keseluruhan kopi. 35 gram kopi robusta ini mewakili 70 bagian dari campuran kopi.
  3. Hitung jumlah bagian kopi arabica: Diketahui bahwa jumlah bagian kopi Arabica adalah 30, maka kita tinggal mencari jumlah gram kopi Arabica yang mewakili 30 bagian dari keseluruhan kopi.
  4. Gunakan persamaan untuk menentukan berapa gram kopi arabica: Dengan persamaan kesebandingan, kita dapat menentukan berapa gram kopi arabica yang kita butuhkan.

    35 gram Robusta / 70 bagian Robusta = x gram Arabica / 30 bagian Arabica

    x = (35 gram Robusta * 30 bagian Arabica) / 70 bagian Robusta

  5. Hitung nilai x: Selesaikan persamaannya untuk menemukan berat kopi arabica (dalam gram) yang dibutuhkan.

    x = (35 * 30) / 70

    x = 15 gram

Kesimpulan

Dari perhitungan di atas, kita menemukan bahwa jika ada 35 gram kopi robusta, maka komposisi kopi arabica yang dibutuhkan adalah 15 gram. Dengan demikian, kombinasi kopi ini akan menghasilkan rasa khas dari kopi Alfamart dengan rasio komposisi 70% kopi robusta dan 30% kopi arabica.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *