Sekolah

Dalam Melakukan Perubahan-Perubahan atau Amandemen Terhadap UUD 1945 Terdapat Kesepakatan yang Mendasar yaitu Tidak Melakukan Perubahan Terhadap

×

Dalam Melakukan Perubahan-Perubahan atau Amandemen Terhadap UUD 1945 Terdapat Kesepakatan yang Mendasar yaitu Tidak Melakukan Perubahan Terhadap

Sebarkan artikel ini

UUD 1945 adalah landasan hukum dan konstitusional negara Indonesia yang merupakan penjelmaan cita-cita dan aspirasi rakyat. Oleh karena itu, amandemen atau perubahan atas UUD 1945 tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sejak lahirnya Republik Indonesia, amandemen UUD 1945 menjadi topik diskusi hukum yang sangat penting dan sensitif. Proses dan hasil amandemen harus tetap mempertahankan dan menghargai nilai-nilai esensial serta tujuan dasar pembentukannya.

Dalam setiap diskusi tentang amandemen UUD 1945, ada satu kesepakatan dasar yang selalu ditegaskan, yaitu ada batas yang tidak boleh disentuh dalam melakukan perubahan. Kesepakatan ini bertujuan untuk menjaga warisan konstitusional bangsa, dengan memperlihatkan komitmen untuk melindungi keunikan sejarah dan perjuangan Indonesia.

Ada beberapa elemen penting dalam UUD 1945 yang disepakati untuk tidak mengalami perubahan. Pertama, asas negara kesatuan. Artinya, bentuk negara Indonesia adalah kesatuan dan bukan bentuk federasi. Kedua, bendera merah putih dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan simbol persatuan bangsa. Ketiga, Pancasila sebagai dasar negara. Keempat, batas wilayah NKRI yang ditetapkan dalam UUD 1945.

Pemahaman dan kesadaran tentang arti penting amandemen yang terfokus pada peningkatan kelembagaan dan penyesuaian dengan dinamika sosial politik, bukan perubahan esensi perjuangan kemerdekaan, telah mendorong terjadinya serangkaian amandemen UUD 1945 yang dilakukan oleh MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat). Amandemen tersebut telah memperbaharui beberapa ketentuan dalam UUD 1945 untuk memperkuat sistem demokrasi dan menjaga keberlanjutan pembangunan nasional, namun tetap tidak mengubah pokok-pokok pikiran yang telah disepakati.

Untuk itu, perubahan atau amandemen terhadap UUD 1945 harus dilakukan dengan hati-hati dan penyesuaian, mengingat setiap perubahan yang terjadi akan membawa dampak yang signifikan terhadap kehidupan bernegara. Maka dari itu, penting untuk mengetahui dan memahami prinsip-prinsip apa saja yang fundamental dan tidak bisa diubah agar dapat mempertahankan integritas dan keberlangsungan negara.

Jadi, jawabannya apa? Jawabannya adalah bahwa amandemen UUD 1945 memungkinkan untuk membawa perubahan dan reformasi yang dibutuhkan oleh Indonesia. Akan tetapi, dalam proses tersebut, ada batasan yang tidak bisa dilampaui yaitu pokok-pokok pikiran di dalam UUD 1945 dan nilai-nilai dasar yang menjadi fondasi negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *