Budaya

Suatu Gaya Sebesar 300 N Bekerja pada Sebuah Benda sehingga Berpindah Sejauh 10 Meter. Berapa Besar Usaha yang Dilakukan Benda Tersebut?

×

Suatu Gaya Sebesar 300 N Bekerja pada Sebuah Benda sehingga Berpindah Sejauh 10 Meter. Berapa Besar Usaha yang Dilakukan Benda Tersebut?

Sebarkan artikel ini

Usaha dalam konteks fisika merujuk pada hasil perkalian antara gaya yang diberikan pada suatu benda dan jarak yang dilalui benda tersebut akibat gaya tersebut. Konsep ini adalah salah satu asas penting dalam prinsip kerja mesin dan perangkat mekanik apa pun.

Menghitung Usaha

Dalam hal ini, pertanyaannya adalah berapa usaha yang dilakukan sebuah benda ketika gaya sebesar 300 N diterapkan, dan benda tersebut berpindah sejauh 10 meter. Menurut rumus perhitungan usaha dalam fisika, usaha (W) didefinisikan sebagai hasil perkalian antara gaya (F) dan jarak (d) yang dilalui benda, dengan asumsi gaya tersebut bekerja sepanjang jarak tersebut. Dengan kata lain,

W = F * d

Jika kita menggantikan nilai-nilai yang diberikan ke dalam rumus tersebut, kita mendapatkan:

W = 300 N * 10 m

Hasil Perhitungan

Melakukan perhitungan, kita menemukan bahwa usaha yang dilakukan benda adalah 3000 Nm. Satuan Nm atau Newton meter adalah satuan SI untuk usaha atau energi mekanik, dan juga dikenal sebagai joule. Jadi, kita bisa mengatakan bahwa usaha yang dilakukan benda tersebut adalah 3000 joule atau 3000 J.Dengan demikian, benda tersebut melakukan usaha sebesar 3000 J ketika dipindahkan sejauh 10 meter oleh gaya sebesar 300 N.

Penutup

Mengetahui rumus dan cara menghitung usaha sangat penting, terutama dalam fisika dan rekayasa, karena hal tersebut memungkikan kita memahami dan mendesain sistem mekanik yang efisien dan efektif. Dalam kasus ini, kita telah melihat bagaimana suatu benda melakukan usaha sebesar 3000 J saat dipindahkan sejauh 10 meter oleh gaya sebesar 300 N.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *