Diskusi

Pada Tanggal Berapa Gerakan Pramuka Secara Resmi Dibentuk di Indonesia, yang Kemudian Ditetapkan Sebagai Hari Tunas Gerakan Pramuka?

×

Pada Tanggal Berapa Gerakan Pramuka Secara Resmi Dibentuk di Indonesia, yang Kemudian Ditetapkan Sebagai Hari Tunas Gerakan Pramuka?

Sebarkan artikel ini

Hari Pramuka Indonesia merayakan ulang tahun pendirian Gerakan Pramuka Indonesia yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 1961. Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan non-formal yang merupakan wadah pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Keanggotaannya merupakan pra anggota dari Gerakan Kepanduan Sedunia.

Sejarah Singkat

Gerakan Pramuka ini dibentuk secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 238 Tahun 1961 tanggal 9 Agustus 1961 dan melanjutkan Keputusan Presiden No. 448 Tahun 1961 tanggal 14 Agustus 1961. Hari pembentukan ini kemudian ditetapkan sebagai ‘Hari Pramuka’ yang diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Agustus.

Istilah ‘Pramuka’ merupakan singkatan dari ‘Praja Muda Karana’, yang berarti rakyat muda yang suka berbuat karya. Istilah ini dipilih sebagai pengganti nama ‘kwarda’, yang merupakan singkatan dari Kepanduan dan Wajib Dasar, dan ‘kwarcab’, yang merupakan singkatan dari Kepanduan Wajib Cabang.

Visi dan Misi Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka memiliki visi untuk membentuk generasi muda Indonesia yang berkarakter, kompeten, kreatif dan mandiri menurut metode kepanduan yang telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bangsa. Sedangkan misinya, ialah menciptakan suasana yang menyenangkan dan mendidik bagi anggota pramuka dan pembina pramuka.

Gerakan pramuka sangat menguti pentingnya pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Melalui pendekatan praktik langsung dan bermain, para anggota Pramuka diajarkan tentang kedisiplinan, teamwork, persahabatan, semangat kebangsaan dan cinta alam.

Penutup

Gerakan Pramuka Indonesia tak hanya punya misi mendidik dan membentuk karakter bangsa, tetapi juga menjadi simbol persatuan dan nasionalisme. Dengan mengenang kembali tanggal bersejarah 14 Agustus, seluruh Pramuka di Indonesia mengingat kembali tujuan dan prinsip-prinsip mereka dalam menjalankan tugas dan fungsinya bagi bangsa dan negara. Hari Pramuka sejenak mengingatkan kita semua tentang pentingnya memupuk semangat bela negara, persatuan, dan persaudaraan antar generasi muda Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *