Sosial

Dua Buah Benda Bermuatan Dengan Muatan yang Sama Jaraknya Dijadikan 3 Kali Semula, Maka Gaya yang Akan Dialami Kedua Muatan adalah

×

Dua Buah Benda Bermuatan Dengan Muatan yang Sama Jaraknya Dijadikan 3 Kali Semula, Maka Gaya yang Akan Dialami Kedua Muatan adalah

Sebarkan artikel ini

Gaya elektrostatik antara dua muatan diberikan oleh hukum Coulomb. Hukum ini menyatakan bahwa gaya elektrostatik antara dua titik muatan adalah sebanding dengan produk muatannya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara mereka.

F = k * q1 * q2 / r^2

Dimana :

  • F adalah gaya yang diperoleh (Newton)
  • k adalah konstanta Coulomb (8.99 x 10^9 N m^2/C^2)
  • q1 dan q2 adalah muatan yang dimiliki oleh kedua benda (Coulomb)
  • r adalah jarak antara kedua benda (meter)

Jika jarak antara dua objek yang bermuatan sama diubah menjadi tiga kali sebelumnya, maka menurut hukum Coulomb gaya antara muatan tersebut berubah sebanding dengan perubahan kuadrat jaraknya.

Jadi, jika dinyatakan bahwa jaraknya bertambah 3 kali daripada sebelumnya (r menjadi 3r), maka persamaan gaya menjadi:

F’ = k * q1 * q2 / (3r)^2 = k * q1 * q2 / 9r^2

Hal ini berarti, gaya elektrostatik antara dua muatan menjadi sepersembilan kalinya jika jaraknya diperbesar menjadi tiga kali semula. Jelas ini menjelaskan bahwa gaya elektrostatik dan jarak antara dua muatan memiliki hubungan terbalik: jika jarak bertambah, gaya menurun dan sebaliknya. Jika kita memvisualisasikan ini, dapat terlihat bahwa gaya elektrostatik menurun lebih cepat dengan peningkatan jarak dibandingkan kekuatan gravitasi, yang juga menurun dengan kuadrat jarak, namun pada laju yang lebih lambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *