Budaya

Dalam Permainan Sepak Bola, Bagian Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Menyentuh Bola Bagi Para Pemain Selain Penjaga Gawang Adalah….

×

Dalam Permainan Sepak Bola, Bagian Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Menyentuh Bola Bagi Para Pemain Selain Penjaga Gawang Adalah….

Sebarkan artikel ini

Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di dunia. Permainan ini adalah kombinasi dari strategi, keterampilan, dan kerja sama tim. Sepak bola memiliki seperangkat aturan yang sangat spesifik untuk memastikan permainan berlangsung adil dan menarik, salah satu dari aturan tersebut adalah mengenai bagian tubuh yang diperbolehkan untuk menyentuh bola. Jadi, bagian tubuh apa yang tidak diperbolehkan menyentuh bola bagi para pemain selain penjaga gawang?

Dalam sepak bola, pemain biasa, yaitu pemain selain penjaga gawang, diperbolehkan memanipulasi bola dengan hampir setiap bagian tubuh mereka – kecuali dengan lengan dan tangan mereka. Mengapa? Ini bergantung pada prinsip dasar sepak bola bahwa permainan harus dilakukan “bebas tangan”.

Tangkapan Atas Bola

Menurut aturan sepak bola yang ditetapkan oleh FIFA, organisasi yang mengatur sepak bola internasional, “Seorang pemain melakukan kesalahan penanganan bola jika sengaja menyentuh bola dengan tangannya/lengannya”. Sengaja dalam pengertian ini berarti pemain membuat gerakan menuju bola dengan tangannya atau lengannya. Apabila bola menyentuh tangan pemain tanpa disengaja, itu bukan dianggap kesalahan.

Implikasi Harus “Bebas Tangan”

Sepak bola dimainkan dengan tujuan agar pemain menggunakan kaki dan kepala mereka, serta bagian tubuh lainnya (kecuali tangan), untuk mengendalikan bola dan mencetak gol. Pendekatan bebas tangan ini menjadikan sepak bola unik dibandingkan dengan olahraga lainnya seperti rugby atau sepak bola Amerika, di mana penggunaan tangan adalah bagian integral dari permainan.

Penjaga Gawang Sangat Berbeda

Tentu saja, ada satu pengecualian untuk aturan ini: penjaga gawang. Penjaga gawang merupakan satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangannya untuk menyentuh dan menangkap bola, namun hal ini hanya boleh dilakukan di dalam daerah penalti mereka sendiri.

Kesimpulan

Jadi, dalam sepak bola, bagian tubuh yang tidak diperbolehkan menyentuh bola bagi para pemain selain penjaga gawang adalah lengan dan tangan. Aturan ini merupakan bagian penting dari permainan sepak bola dan membantu menjaga integritas dan keunikan permainan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *