Sosial

Sebuah Bak Persegipanjang, Panjangnya 4 Meter dan Lebarnya 3 Meter, Isi Bak Itu 84 Meter Kubik. Berapakah Dalamnya Bak Itu?

×

Sebuah Bak Persegipanjang, Panjangnya 4 Meter dan Lebarnya 3 Meter, Isi Bak Itu 84 Meter Kubik. Berapakah Dalamnya Bak Itu?

Sebarkan artikel ini

Ketika kita berbicara mengenai geometri dan atau matematika dalam konteks sehari-hari, salah satu contohnya adalah dengan menghitung volume sebuah bak berbentuk persegipanjang. Dalam artikel ini, kita akan mencoba menghitung kedalaman dari sebuah bak dengan panjang 4 meter, lebar 3 meter, dan volume 84 meter kubik.

Pertama-tama, kita harus memahami konsep dasar dari volume sebuah benda tiga dimensi. Volume adalah kuantitas ruang yang diisi oleh sebuah benda solid. Dalam konteks ini, bentuk solid kita adalah bak berbentuk persegipanjang atau balok.

Rumus standard untuk menghitung volume balok adalah: panjang x lebar x tinggi, yang sering ditulis sebagai V = l x w x h.

Jika kita mengetahui volume (V), panjang (l), dan lebar (w), kita bisa mencari tinggi atau dalam hal ini, kedalamannya (h). Dengan mendefinisikan V sebagai 84 meter kubik, l sebagai 4 meter, dan w sebagai 3 meter, kita dapat menulis persamaan sebagai berikut:

84 = 4 x 3 x h

Kemudian, kita dapat mengisolasi h (tinggi atau dalam kasus ini, kedalaman bak) dengan membagi kedua sisi persamaan tersebut dengan 4 x 3 untuk mendapatkan:

h = 84 รท (4 x 3)

Jika kita hitung, maka kedalaman bak adalah 7 meter.

Jadi, jawabannya apa? Dalam kasus bak persegi panjang dengan panjang 4 meter, lebar 3 meter, dan volume 84 meter kubik, kedalamannya adalah 7 meter. Anda dapat menggunakan rumus dan langkah-langkah tersebut di atas untuk mencari kedalaman bak atau objek persegipanjang lainnya diketahui volume dan ukurannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *