Budaya

Sebuah roda melakukan 900 putaran dalam waktu 30 detik. Berapakah kecepatan sudut rata ratanya dalam satuan rad/s?

×

Sebuah roda melakukan 900 putaran dalam waktu 30 detik. Berapakah kecepatan sudut rata ratanya dalam satuan rad/s?

Sebarkan artikel ini

Melihat ke gerakan sebuah roda yang berputar, sering terjadi pertanyaan mengenai kecepatan sudutnya. Sebagai contoh, ada sebuah roda yang melakukan 900 putaran dalam waktu 30 detik. Untuk kasus tersebut, bagaimanakah kita bisa mencari tahu kecepatan sudut rata-rata dari roda tersebut dalam satuan rad/s? Berikut adalah cara untuk menyelesaikan masalah ini.

Konversi Putaran ke Radian

Pertama-tama, kita harus mengkonversi jumlah putaran menjadi radian. Satu putaran penuh disamakan dengan 2π radian. Sehingga, jika sebuah roda melakukan 900 putaran, maka jumlah putaran dalam radian dapat dihitung sebagai berikut:

900 putaran × 2π radian/putaran = 1800π radian

Menghitung Kecepatan Sudut Rata-rata

Setelah mengkonversi putaran ke radian, selanjutnya kita bisa menghitung kecepatan sudut rata-rata. Kecepatan sudut didefinisikan sebagai perubahan sudut per satuan waktu. Di dalam kasus ini, perubahan sudutnya adalah 1800π radian dan waktunya adalah 30 detik. Jadi, kecepatan sudut rata-rata dapat dihitung dengan rumus berikut:

Kecepatan Sudut Rata-rata = Jumlah Radian / Waktu = 1800π radian / 30 detik = 60π rad/s

Maka, dapat disimpulkan bahwa kecepatan sudut rata-rata dari sebuah roda yang melakukan 900 putaran dalam waktu 30 detik adalah 60π rad/s.

Jadi, jawabannya apa?

Kecepatan sudut rata-rata dari sebuah roda yang melakukan 900 putaran dalam waktu 30 detik adalah 60π rad/s. Jadi, jika anda menemui persoalan serupa, anda dapat menggunakan metode yang sama untuk menghitung kecepatan sudut rata-rata. Harap perhatikan bahwa konversi putaran ke radian adalah langkah penting dalam proses penghitungan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *