Ilmu

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan passing bawah bola voli, kecuali…

×

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan passing bawah bola voli, kecuali…

Sebarkan artikel ini

Passing bawah dalam permainan bola voli merupakan salah satu teknik dasar yang penting untuk dikuasai oleh pemain. Dalam melakukan passing bawah, pemain harus mampu mengontrol bola dengan baik agar dapat memenuhi tujuan passing tersebut. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan passing bawah bola voli, kecuali:

  1. Posisi Kaki dan Badan

    Salah satu aspek penting dalam melakukan passing bawah adalah posisi kaki dan badan. Kaki pemain harus dalam posisi kuda-kuda dengan lutut sedikit ditekuk, dan badan condong ke depan agar berat badan tertumpu pada kaki depan. Namun, mengenakan sepatu dengan hak tinggi saat bermain bola voli bukanlah hal yang perlu diperhatikan.

  2. Posisi Tangan

    Posisi tangan yang benar saat melakukan passing bawah adalah dengan menyatukan kedua tangan di depan tubuh, menggunakan area permukaan lengan bawah untuk mengontak bola. Pemain sebaiknya tidak menggenggam bola dengan tangan saat passing, karena ini bukanlah teknik yang benar dan diperbolehkan dalam permainan bola voli.

  3. Kontak Bola

    Saat melakukan passing bawah, pemain harus mengontak bola dengan bagian tengah lengan bawah. Hal ini akan memberikan kontrol yang lebih baik daripada menggunakan pergelangan tangan atau bagian lengan yang lain. Mengejutkan bola dengan kepala dalam melakukan passing bukanlah hal yang perlu diperhatikan.

  4. Mengikuti Bola

    Seorang pemain harus aktif mengikuti pergerakan bola dan siap mengatur posisi tubuh sesuai dengan arah datangnya bola. Hal ini sangat penting untuk memastikan pemain dapat melakukan passing dengan baik. Namun, menari-nari saat mengikuti bola bukanlah hal yang perlu diperhatikan, karena itu tidak akan membantu pemain dalam mengontrol bola.

  5. Antisipasi

    Pemain perlu mengantisipasi arah dan kecepatan bola serta kemungkinan aksi lawan, untuk dapat menentukan posisi dan teknik passing yang ideal. Percaya pada firasat palsu justru akan mengurangi kemampuan pemain dalam mengantisipasi permainan.

Jadi, jawabannya apa? Sepatu dengan hak tinggi, menggenggam bola, mengejutkan bola dengan kepala, menari-nari saat mengikuti bola, dan percaya pada firasat palsu merupakan hal-hal yang tidak perlu diperhatikan saat melakukan passing bawah bola voli. Fokuslah pada teknik dasar yang benar agar dapat menguasai passing bawah dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *