Sosial

Kegiatan apa yang pernah anda lakukan yang melibatkan kemampuan numerasi dalam kehidupan sehari-hari anda

×

Kegiatan apa yang pernah anda lakukan yang melibatkan kemampuan numerasi dalam kehidupan sehari-hari anda

Sebarkan artikel ini

Numerasi, atau kemampuan matematika, digunakan pada berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari. Dalam praktiknya, numerasi melibatkan pemahaman tentang angka, penghitungan, pengukuran, dan penginterpretasian grafik dan tabel. Di bawah ini adalah beberapa kegiatan yang melibatkan kemampuan numerasi dalam kehidupan sehari-hari saya.

Membuat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan semestinya melibatkan kemampuan numerasi. Saya perlu memastikan bahwa pengeluaran tidak melebihi penghasilan. Dengan kata lain, ini melibatkan penjumlahan, pengurangan, dan kadang-kadang perkalian dan pembagian.

Memasak

Ketika saya memasak, saya sering berurusan dengan pengukuran. Baik itu menimbang bahan, mengukur volume cairan, atau bagi rasio bahan. Semua ini membutuhkan pemahaman tentang angka dan operasi aritmatika dasar.

Berbelanja

Berbelanja juga membutuhkan kemampuan numerasi. Saya harus memahami harga, melakukan kalkulasi untuk diskon, dan memastikan bahwa saya menerima kembali jumlah uang yang benar jika saya membayar dengan uang tunai.

Aktivitas Lainnya

Selain yang telah disebutkan di atas, numerasi juga digunakan dalam berbagai kegiatan lain seperti mensiasati waktu (mengetahui kapan harus meninggalkan rumah untuk suatu janji), melakukan olahraga (mengenal skor, menghitung detak jantung dan memahami kecepatan), hingga dalam permainan (misalnya permainan kartu, bingo atau sudoku).

Kemampuan numerasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan membantu kita untuk melakukan berbagai aktivitas dengan lebih efisiensi dan efektif. Dalam beberapa kasus, kemampuan numerasi bahkan mungkin membantu kita untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih tepat.

Jadi, jawabannya apa? Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai kegiatan membutuhkan kemampuan numerasi. Kegiatan-kegiatan tersebut membantu kita mengasah keterampilan numerasi kita untuk digunakan dalam praktik kehidupan yang sebenarnya. Lebih dari sekadar angka, kemampuan numerasi adalah suatu keterampilan hidup yang penting dan berharga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *