Ilmu

Struktur Data yang Diumpamakan Seperti Tumpukan Dimana Penambahan Elemen Data Dilakukan Dari Atas Disebut

×

Struktur Data yang Diumpamakan Seperti Tumpukan Dimana Penambahan Elemen Data Dilakukan Dari Atas Disebut

Sebarkan artikel ini

Struktur data berdesain spesifik yang diatur sesuai aturan tertentu sangat penting dalam pemrograman. Salah satu struktur data yang unik adalah yang menyerupai tumpukan, dimana penambahan dan pengurangan elemen data dilakukan dari atas. Struktur data jenis ini dikenal dengan sebutan Stack atau Tumpukan dalam Bahasa Indonesia.

Apa itu Stack?

Stack adalah struktur data abstrak yang mengikuti prinsip “Last In, First Out” (LIFO). Bayangkan Anda memiliki tumpukan piring di atas meja. Piring yang Anda letakkan di bagian paling atas dari tumpukan adalah piring yang akan Anda ambil terlebih dahulu. Proses penambahan elemen baru (push) dan penghapusan elemen (pop) dalam Stack selalu terjadi di ujung yang sama, yaitu di puncak Stack. Itulah mengapa penambahan elemen dalam Stack diibaratkan seperti penambahan elemen di puncak tumpukan.

Karakteristik Stack

Berikut adalah beberapa karakteristik kunci dari Stack:

  1. Last In, First Out (LIFO): Seperti yang telah disebutkan, Stack mengikuti prinsip LIFO. Elemen terakhir yang ditambahkan ke Stack adalah elemen pertama yang dihapus.
  2. Push dan Pop: Dua operasi utama dalam Stack adalah “push” dan “pop”. “Push” adalah proses penambahan elemen baru ke Stack, sementara “pop” adalah proses penghapusan elemen dari Stack.
  3. Peek atau Top: Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan nilai elemen yang berada di puncak Stack tanpa menghapusnya.
  4. Underflow dan Overflow: Underflow terjadi saat kita mencoba menghapus elemen dari Stack kosong, sementara Overflow terjadi saat kita mencoba menambahkan elemen ke Stack yang sudah penuh.

Aplikasi Stack

Stack banyak digunakan dalam berbagai aplikasi dalam pemrograman, seperti:

  • Pemeriksaan dan pengambilan data dalam urutan tertentu
  • Balancing simbol dalam editor teks dan IDE
  • Evaluasi ekspresi dan konversi notasi
  • Implementasi algoritma seperti backtracking, ekspresi posfix, dll.

Struktur Data yang Diumpamakan Seperti Tumpukan Dimana Penambahan Elemen Data Dilakukan Dari Atas Disebut

Berdasarkan penjelasan di atas, struktur data yang diumpamakan sebagai tumpukan dimana penambahan elemen data dilakukan dari atas adalah Stack. Dengan karakteristik dan operasi-operasi spesifiknya, Stack menjadikan banyak algoritma dan proses pemrograman menjadi lebih mudah dan efisien.

Jadi, jawabannya apa? Struktur data ini disebut Stack. Institute proses penambahan dan pengurangan elemen yang dilakukan dari ujung yang sama, menjadi prinsip utama yang membedakannya dengan struktur data lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *