Ilmu

Mengapa Tali Putri Ketika Berinteraksi dengan Makhluk Hidup Dikelompokkan dalam Simbiosis Parasitisme?

×

Mengapa Tali Putri Ketika Berinteraksi dengan Makhluk Hidup Dikelompokkan dalam Simbiosis Parasitisme?

Sebarkan artikel ini

Simbiosis merupakan hubungan interaksi antara dua spesies makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain, mempengaruhi kehidupannya. Simbiosis dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Salah satu contoh simbiosis parasitisme di alam adalah hubungan antara tali putri (Cuscuta spp.) dengan makhluk hidup inang yang mereka parasit.

Mengapa tali putri ketika berinteraksi dengan makhluk hidup dikelompokkan dalam simbiosis parasitisme? Berikut beberapa alasan yang menjelaskannya:

  1. Mengambil Nutrisi dari Inang

    Tali putri tidak memiliki klorofil yang berfungsi sebagai produsen makanan dalam proses fotosintesis. Oleh karena itu, tali putri tidak dapat membuat makanan sendiri dengan menangkap energi matahari, melainkan memanfaatkan nutrisi dari tumbuhan inang yang mereka parasit. Proses ini akan mengurangi jumlah nutrisi yang seharusnya dimiliki oleh tumbuhan inang tersebut.

  2. Mencekik dan Melemahkan

    Tali putri akan melilit dan mencengkeram di sekitar batang dan cabang inang untuk menyerap nutrisi, menyebabkan peredaran pada jaringan tumbuhan inang menjadi terganggu. Akibatnya, tumbuhan inang akan kekurangan nutrisi dan energi, menurunkan pertumbuhan dan produktivitas, serta berpotensi mengakibatkan kematian inang.

  3. Tidak Membawa Keuntungan untuk Tumbuhan Inang

    Berbeda dengan simbiosis mutualisme, di mana kedua belah pihak sama-sama memperoleh keuntungan, tali putri hanya mendapatkan keuntungan dari tumbuhan inang tanpa memberikan imbal balik yang menguntungkan inang.

  4. Pertumbuhan yang Cepat

Tali putri memiliki pertumbuhan yang cepat dan dapat menjalar serta meluas pada sejumlah inang sekaligus. Hal ini membuat tali putri menjadi ancaman serius bagi kehidupan dan kelangsungan tumbuhan inang.

Jadi, jawabannya apa?

Tali putri, saat berinteraksi dengan makhluk hidup, dikelompokkan dalam simbiosis parasitisme karena tali putri tidak dapat membuat makanan sendiri dan tergantung pada nutrisi yang diperoleh dari tumbuhan inang yang mereka parasit, mengakibatkan melemahnya kesehatan dan produktivitas tumbuhan inang. Tidak adanya keuntungan yang diberikan oleh tali putri pada tumbuhan inang memperjelas kategorisasi hubungan ini sebagai parasitisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *