Sekolah

Pada Hari Minggu, Ibu Nining Menghadapi Pilihan Antara Membeli Jeruk dari Pak Didik atau Pak Basir

×

Pada Hari Minggu, Ibu Nining Menghadapi Pilihan Antara Membeli Jeruk dari Pak Didik atau Pak Basir

Sebarkan artikel ini

Hari Minggu merupakan hari yang istimewa untuk Ibu Nining. Ia diberikan giliran menjadi tuan rumah arisan keluarga dan memutuskan untuk berbelanja ke pasar buah. Di pasar buah tersebut, dua penjual jeruk menarik perhatian Ibu Nining yaitu, Pak Didik dan Pak Basir.

Pak Didik menawarkan jeruk dengan harga yang lebih tinggi Rp 3.000 per kilogram dibanding dengan harga yang ditawarkan oleh Pak Basir. Meskipun harga yang ditawarkan Pak Didik lebih mahal, beliau memberikan diskon sebesar 15% untuk setiap pembelian 4 kilogram jeruk. Dengan adanya penawaran menarik tersebut, Ibu Nining memutuskan untuk membeli 2 kilogram jeruk dari Pak Didik dan 4 kilogram dari Pak Basir yang pada totalnya dihargai Rp 96.000.

Namun, ada dua pertanyaan yang muncul dari situasi tersebut:

Berapa Uang yang Harus Dibayarkan oleh Ibu Nining Jika Ia Ingin Membeli 5 Kilogram Jeruk dari Pak Didik?

Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui harga asli jeruk yang dijual oleh Pak Didik sebelum mendapatkan diskon. Kita juga perlu menghitung berapa total biaya yang harus dikeluarkan oleh Ibu Nining jika ia membeli 5 kilogram jeruk dengan mempertimbangkan diskon yang diberikan Pak Didik.

Kepada Siapa Sebaiknya Ibu Nining Membeli 2 Kilogram Jeruk?

Dalam menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui baik harga jeruk per kilogram yang ditawarkan oleh Pak Didik dan Pak Basir, memperhitungkan adanya diskon yang diberikan oleh Pak Didik, dan melihat dari segi total biaya yang harus dikeluarkan oleh Ibu Nining jika ia membeli 2 kilogram jeruk.

Menjawab kedua pertanyaan tersebut bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan sedikit keterampilan matematika. Lalu, berapa uang yang harus dibayarkan oleh Ibu Nining jika ia ingin membeli 5 kilogram jeruk dari Pak Didik? Dan kepada siapa sebaiknya Ibu Nining membeli 2 kilogram jeruk? Mari kita temukan jawabannya bersama-sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *